Waktu Tidur Bayi Sesuai Dengan Usia




Baby AE -Tidur memang menjadi salah satu kegiatan yang juga sangat diperlukan, terlebih lagi untuk si kecil. Dengan tidur dengan waktu yang cukup bisa membuat tumbuh kembangnya terkudung. Hal ini dikarenakan selain hormon pertumbuhan yang akan aktif ketika sedang tidur. 
Selain itu tidur yang cukup juga bisa melindungi si kecil dari kerusakan jantung dan juga pembuluh darah. Selain itu itu sangat penting. Namun, tahukah Bunda bahwa jam tidur si kecil yang baru lahir ternyata berbeda dengan bayi yang berusia 1 bulan maupun yang lebih. Maka dari itu Bunda harus bisa menyesuaikan waktu tidur si kecil berdasarkan usianya.

* Bayi yang baru lahir

bayi

Si kecil yang baru lahir membutuhkan waktu tidur sampai dengan 16,5 jam sehari. Nah, untuk jam tidur ini bisa terbagi menjadi 8 jam tidur siang dan juga 8,5 jam tidur malam. Akan tetapi pola ini juga tidak beraturan. Hal ini terjadi karena biasanya ketika si kecil lapar, ia akan terbangun.

* Bayi berumur 1 bulan


Nah, ketika si kecil sudah berumur 1 bulan, jam tidurnya menjadi 14 sampai 16 jam sehari. Dengan durasi tidur siang 4 sampai 5 jam dan tidur malamnya selama 10 sampai dengan 11 jam sehari.

* Bayi berumur 6 bulan

bayi

Semenjak si kecil berumur 6 bulan jam tidurnya akan menjadi 14 jam sehari yang mana 3 jam untuk tidur siang dan sisanya 11 jam untuk tidur di malam hari.

* Bayi berumur 9 sampai 12 bulan
Ketika di usia ini waktu tidur si kecil akan berkurang yaitu menjadi 13,5 jam sehari. Yang di bagi menjadi 2,5 jam tidur siang dan 11 jam untuk tidur malam hari. Akan tetapi juga tidak menutup kemungkinan pada usia ini si kecil akan jarang sekali mau diajak tidur bahkan tidur dengan orangtuanya. Hal ini dikarenakan si kecil merasa sulit untuk tidur. Selain itu, si kecil juga akan merasa tidak nyaman ketika saat giginya mulai tumbuh. Karena hal ini juga akan mempengaruhi pola tidur si kecil.

Nah, kalau si kecilnya Bunda sekarang umur berapa nih? Apakah sudah sesuai dengan pola tidur yang ada di atas?

Subscribe to receive free email updates:

3 Responses to "Waktu Tidur Bayi Sesuai Dengan Usia"

  1. saya bapak-bapak punya anak umur 3 tahun, si istri lagi ngatur jam tidur karena kalau malam tidurnya jam 12 dan bangun jam 7 pagi. n__n . ada tips nya?

    BalasHapus
  2. Anak saya sejak 2 tahun yg tadinya tidur siang 2 kali, jadi sekali aja...

    BalasHapus
  3. Dari waktu ke waktu porsi tidur bayi semakin berkurang ya...apa durasinya ini sudah dengan kebiasaan yg suka terbangun diwaktu malam

    BalasHapus