Pentingnya Membersihkan Telinga Bayi




Baby AE - Telinga memang menjadi organ pendengaran yang baik jika terjaga kesehatan dan kebersihannya. Tak jauh beda pada bayi. Kotoran yang ada di dalam telinga memang menjadi hal yang normal. Selain itu, kotoran yang ada di dalam telinga ternyata juga mempunyai manfaat yaitu untuk melindungi dari paparan debu dan juga bisa menjaga telinga tetap kering. Akan tetapi jika jumlahnya berlebihan dan menumpuk bisa mengakibatkan ganguan pada pendengaran si kecil. 


Hal inilah yang membuat si kecil tidak nyaman. Jika hal ini dibiarkan akan menyebabkan pendengaran si kecil menjadi terganggu, telinga sakit, telinga berbau dan juga ada sensani seperti berdengung di telinganya yang membuat tidak nyaman. Lalu bagaimana cara membersihkan telinga bayi? Bunda bisa menggunakan waslap dengan air hangat. Namun, membersihkan menggunakan waslap ini hanya untuk telinga bagian luar saja ya. 



membersihkan telinga si kecil

Untuk melakukan cara ini langkah yang harus Bunda lakukan adalah dengan membasahi terlebih dahulu waslap yang bersih dengan menggunakan air hangat. Kemudian peras waslap hingga airnya terbuang. Setelah itu seka bagian luar telinga bayi dengan waslap secara perlahan. Ada satu hal nih  yang perlu diperhatikan Bunda yaitu hindari dalam menggunakan waslap yang terlalu basah untuk membersihkan telinga. Hal ini dikarenakan air tersebut bisa saja memasuki telinga bayi. 


Cara lain yang bisa Bunda gunakan adalah dengan cara menggunakan obat tetes. Dalam penggunaan obat tetes sendiri juga tidak boleh sembarangan. Bunda harus berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter. Hal ini berguna untuk menentukan jenis dan juga dosis obat tetes yang sesuai dengan kondisi bayi. Satu lagi nih Bunda, hindari menggunakan cotton bud atau bahkan menggunakan jari Bunda. 

membersihkan dengan cotton bud


Hal ini bisa menyebabkan kotoran yang hendak dibersihkan justru akan terdorong masuk ke dalam telinga bayi. Tidak hanya berhenti disitu. Kotoran yang masuk ke dalam telinga bisa saja merusak gendang telinga bayi. Bunda pastinya nggak mau kan? Maka dari itu cara yang mudah dan bisa dilakukan sendiri di rumah adalah dengan menggunakan waslap dan air hangat. Yang terpenting Bunda jangan sampai lupa untuk membersihkan telinga si kecil ya ^^

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pentingnya Membersihkan Telinga Bayi"

Posting Komentar