Penyebab Perut si Kecil Kembung




Baby AE - Bunda pastinya pernah kan melihat perut si kecilnya kembung? Perut kembung sendiri membuat si kecil rewel dan tidak merasa nyaman. Perut kembung sendiri merupakan hal yang wajar terjadi pada bayi hingga berusia 3 bulan. Hal ini dikarenakan saluran pencernaan yang belum berfungsi dengan sempurna.


Namun, seiring dengan bertambahnya usia si kecil juga bisa mengalami perut kembung karena memakan makanan yang berbeda selain ASI. Lalu apa saja sih penyebab yang membuat perut bayi menjadi kembung? Ini ada beberapa hal yang menyebabkan perut kembung :

* Makanan yang biasanya dikonsumsi si kecil

brokoli

Untuk si kecil yang sudah berusia 6 bulan memang biasanya sudah mulai makan. Biasanya Bunda memberikan sayuran kan untuk memenuhi nutrisinya? Namun, mengkonsumsi sayuran secara berlebihan itu juga tidak baik lho Bunda. Misalnya saja nih brokoli, sayuran ini memang baik untuk dikonsumsi. Namun, jika berlebihan bisa membuat si kecil perutnya kembung.


* Dot

dot



Buat si kecil yang meminum susu formula dari botol bayi atau dot. Bunda juga harus cermat dalam memilih dot yang pas dan sesuai dengan si kecil. Jangan berikan dot yang mempunyai ujung terlalu kecil. Hal ini bisa menyebabkan udara lebih banyak masuk ke dalam perut bayi yang sedang meminum susu. Dengan begitu juga bisa membuat perut si kecil menjadi kembung. Karena itu lah ada beberapa botol bayi yang memang sudah dirancang khusus untuk mengurangi udara yang masuk ke dalam mulut si kecil.

* Memberikan minuman selain ASI

jus


Selain pemberian makanan, pemberian minuman si kecil juga harus diperhatikan. Memberikan minuman selain ASI (Air Susu Ibu), susu formula dan air putih bisa membuat perut kecil menjadi kembung. Misalnya saja si kecil diberikan jus. Hal ini bisa membuat si kecil mengalami diare, gas berlebih bahkan juga sakit perut. Hal ini dikarenakan pencernaan si kecil yang masih sulit untuk mencerna kandungan gula yang terdapat di dalam jus.

Nah, sekarang Bunda sudah tahu kan apa saja yang bisa membuat perut si kecil kembung?

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Penyebab Perut si Kecil Kembung"

Posting Komentar