Cara Mengatasi Perut si Kecil Yang Kembung




Baby AE - Si kecilnya Bunda pasti pernah mengalami perut kembung kan? Nah, pada pembahasan yang kemarin sudah ada penjelasan tentang penyebab si kecil mengalami bayi kembung. Bayi kembung sendiri juga disebabkan oleh gas yang masuk ke dalam perut. Gas yang ada di dalam perut tersebut bisa keluar dengan cara sendawa ataupun kentut. Lalu bagaimana caranya agar si kecil bisa bersendawa dan perutnya tidak kembung lagi? Ini nih ada beberapa cara agar si kecil sembuh dari perut kembung :


* Menekan perlahan perut bayi

menekan perut bayi

Sistem pencernaan si kecil yang belum matang bisa dipengaruhi karena adanya udara yang masuk ke dalam perut. Udara ini masuk dan membentuk gelembung di dalam perut. Dengan begitu Bunda bisa membantu melepaskan gelembung yang ada dengan cara menekan dengan lembut pada perut si kecil. Bunda bisa meletakkan 2 jari Bunda di bawah pusar si kecil kemudian tekan ke arah bawah dengan cara yang lembut. Lalu tahan selama 3 sampai dengan 5 detik.



* Memperhatikan dalam memakai botol susu

si kecil minum susu

Si kecil yang meminum susu dengan menggunakan botol juga perlu diperhatikan. Pasalnya ketika si kecil meminum dengan menggunakan botol dalam posisi yang salah maka si kecil akan mengisap udara yang berlebih. Maka dari itu posisi yang benar adalah dengan cara memiringkan botol susu agar mulut si kecil bisa menyentuh keseluruhan permukaan puting botol. Selain itu ketika susu habis dikocok jangan langsung memberikan kepada si kecil. Diamkan terlebih dahulu hingga gelembung yang ada di botol susu hilang.

* Buatlah si kecil sendawa

si kecil sendawa

Hal yang bisa Bunda lakukan selanjutnya adalah dengan membuat si kecil bersendawa. Bunda bisa melakukannya di saat si kecil menyusu. Setelah beberapa menit menyusu beristirahatlah kemudian lakukan menepuk punggung bayi dengan cara yang lembut sampai si kecil bersendawa. Setelah itu Bunda bisa menyusuinya lagi. Lakukan cara ini beberapa kali agar si kecil bisa bersendawa berkali-kali. Dengan begitu si kecil akan terbebas dari perut yang kembung.

Kalau Bunda sendiri sudah pernah melakukan cara yang mana nih?

Subscribe to receive free email updates:

4 Responses to "Cara Mengatasi Perut si Kecil Yang Kembung"

  1. Saya tuh paling ga bisa bikin bayi sendawa huhu...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba lakukan tips yang ada di atas. :-)

      Hapus
  2. Oh, saya mah mengiranya cukup di baluri minyak kayu putih itu cukup

    BalasHapus