Tips Memandikan Bayi Baru Lahir Sebelum Puput Pusar


Baby AE - Setelah si kecil terlahir tentunya memandikan bayi menjadi kegiatam sehari-hari yang harus Moms lakukan. Apalagi saat mereka masih pertama kali, Moms pasti ragu dan berhati-hati dalam memandikan tubuh si kecil yang mungil dan rentan. Eits, tapi beberapa dokter anak menyarankan agar mandi pertama bayi ditunda sampai usinya beberapa hari. 

Hal ini karena tubuh si kecil masih tertutup vernix atau zat lilin di kulit yang mencegah kuman mendekat padanya. Terus gimana baiknya memandikan si kecil, Moms? Yuk, simak tips memandikan bayi baru lahir sebelum puput pusar ini!

Ketika baru lahir di rumah sakit, bayi akan dibersihkan dari cairan ketuban serta darah oleh perawat atau staf rumah sakit. Dalam hal ini Moms akan diberikan pilihan untuk meninggalkan vernix si kecil. Saat malaikat kecil ini belum puput pusar, Moms perlu memandikannya agar tetap aman. Sepulang dari rumah sakit Moms bisa memandikannya dengan spons lembut. Nah, berikut tips memandikan bayi baru lahir sebelum puput pusar!


1. Mendata perlengkapan mandi

Hal pertama yang harus dilakukann sebelum si kecil mandi adalah mempersiapkan perlengkapan mandinya. Moms perlu menyediakan selimut, handuk hangat, kain lap, sabun bayi lembut, dan popok bersih. Pastikan peralatan tersebut sudah tertata rapi di atas tempat tidur untuk memudahkan Moms dalam melakukan langkah berikutnya setelah si kecil selesai mandi. Sebab, dalam kondisi ini si kecil tidak bisa kedinginan terlalu lama dan terkena angin.

2. Memandikannya di tempat dengan permukaan datar

Sebelum memandikannya, tentu Moms harus melepas seluruh pakaian serta popok bayi yang melekat dalam tubuh di kecil. Kemudian, bungkus bayi dengan handuk setelah itu baringkan si kecil di permukaan yang datar seperti meja ganti, lantai, meja samping wastafel, atau tempat tidur.

3. Urutan memandikan bayi

Pertama Moms harus membuka handuk untuk menampilkan tubuh si kecil yang akan dimulaikan. Awali dari wajah serta bagian atas kepala bayi. Kemudian, celupkan kain bersih ke dalam air hangat yang tidak mengandung sabun agar tidak membuat si kecil merasa perih saat masuk ke mata atau mulut. Lalu, usaplah secara perlahan kepala serta telinga luar, lipatan leher, dagu, dan mata.


4. Menggunakan spons bayi

Untuk beberapa minggu pertama usia si kecil, tentu Moms perlu memandikannya dengan spons. Ini menjadi cara paling efektif untuk membersihkan bayi sebelum tali pusarnya terlepas. Menggunakan spons juga menjadi cara terbaik dalam memandikan bayi tanpa membuatnya basah kuyup. Walaupun begitu, Moms perlu memastikan untuk menyiapkan perlengkapan mandi si kecil serta menghangatkan ruangan untuknya agar bayi tetap nyaman.

5. Menggunakan sedikit sabun

Cukup menambahkan satu atau dua tetes sabun ke dalam air hangat, lalu celupkan kain lap ke dalam air tersebut dan peras. Moms bisa menggunakan air sabun untuk membersihkan seluruh area tubuh serta popok. Moms pun bisa membersihkan bagian bawah lengan serta area sekitar fenital. Dalam memilih sabun, sebaiknya berkonsultasi ke dokter terlebih dulu untuk memperoleh produk yang sesuai kondisi kulit serta tubuhnya.

Dari lima tips memandikan bayi baru lahir sebelum puput pusar, mana yang sudah Moms coba, nih? Memandikan si kecil yang baru terlahir ke dunia perlu berhati-hati mengingat kulit dan tubuh si kecil yang masih sensitif dan rentan. Terlebih dalam memilih perlengkapan bayi perlu memperhatikan kualitasnya, pastikan jika tidak akan berbahaya untuk bayi.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tips Memandikan Bayi Baru Lahir Sebelum Puput Pusar"

Posting Komentar