Sulit Menumbuhkan Minat Membaca pada Anak? Coba Tips Ini


Baby AE - Membaca menjadi kegiatan yang baik untuk anak terlebih bisa meningkatkan pengetahuan dan mengasah keterampilannya. Sayangnya, di usia anak yang lebih ingin bermain serta bersenang-senang sedikit sulit untuk menumbuhkan minat bacanya. Tak hanya pada anak, tetapi saat mereka telah dewasa pun akan sulit serta membutuhkan penerapan disiplin yang baik. 

Kegiatan membaca juga membawa banyak manfaat seperti ungkapan ‘buku merupakan jendela ilmu’, di mana orang yang rajin membaca akan cerdas. Oleh karena itu, jadikan membaca sebagai kegiatan wajib yang perlu Moms tanamkan kepada anak sejak dini. Apalagi di era digital ini anak akan lebih tertarik dengan gadget. Sehingga Moms perlu menerapkan beberapa tips untuk menumbuhkan minat baca anak, sebagai berikut :


1. Memberi contoh untuk anak

Kegemaran membaca tentunya dimulai dari orang tua dan anggota keluarga lainnya agar anak bisa mengikuti kebiasaan orang di sekitarnya. Saat anak melihat orang tuanya hobi membaca, maka anak juga menangkapnya sebagai kegiatan yang bisa diikutinya. Maka dari itu, mulailah dari Moms dan keluarga terlebih dulu untuk membuat anak tertarik mengikuti membaca.

2. Mulai membacakan cerita

Seperti mendongeng sebelum tidur, membacakan cerita anak juga menjadi kegiatan yang menumbuhkan minat anak pada membaca. Bahkan, kegiatan inilah yang dinanti oleh anak-anak di usianya saat balita. Tak jarang anak yang sudah tumbuh dan menginjak bangku sekolah juga masih ingin Moms membacakan buku untuknya. 

3. Membebaskan anak memilih buku yang ingin dibaca

Ada berbagai macam buku bacaan yang cocok untuk anak, mulai dari buku anak-anak, majalah, buku cerita anak, dan lainnya. Alih-alih memilihkan buku untuk anak yang bisa saja mereka tidak tertarik, ada baiknya Moms membebaskan anak memilih bahan bacaan sendiri. Terlebih untuk anak yang sudah sekolah, mereka akan senang membaca buku yang menarik baginya.


4. Membuat tempat yang nyaman

Tempat yang nyaman bisa membuat anak lebih berkonsentrasi menyelesaikan pekerjaan sekolahnya maupun membaca buku. Terlebih untuk membaca buku yang memerlukan konsentrasi tinggi, Moms bisa membuat suasana yang nyaman. Bahan bacaan yang bisa dipilih tidak hanya buku pelajaran sekolah saja, tetapi juga berbagai buku yang menarik minat anak.

Moms bisa menciptakan suasana nyaman dengan meletakkan sofa serta minuman hangat sebagai teman membaca buku. Buat yang hobi membaca buku atau bahan bacaan lainnya pasti tahu posisi ternyaman membaca seperti ini. Sehingga anak akan betah membaca dan menemukan kenikmatan dan kesenangan dari kegiatan ini.

Itulah 4 cara menumbuhkan minat membaca anak sejak dini agar saat sudah dewasa nanti ia menjadi sosok yang cerdas. Kegiatan membaca sendiri memiliki manfaat yang luas mulai dari menambah wawasan dan pengetahuan sampai memudahkannya dalam kehidupan sehari-hari. 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Sulit Menumbuhkan Minat Membaca pada Anak? Coba Tips Ini"

Posting Komentar