Bumil Perlu Tahu Penyebab Sakit Perut Bagian Bawah, Kenali Tandanya!


Baby AE - Sakit perut bagian bawah pasti pernah dialami oleh Moms selama masa kehamilan, tepatnya di setiap trimester kehamilan. Perlu Moms ketahui penyebab rasa sakit tersebut guna mencegah hal yang tidak diinginkan. Rasan sakit perut di bagian bawah pun disebabkan oleh berbagai hal.

Namun, Moms tidak perlu panik karena rasa sakit perut di bagian bawah merupakan hal normal yang dialami oleh ibu hamil. Di mana tubuh Moms akan mengalami perubahan hingga muncul berbagai keluhan selama kehamilan. Nah, untuk rasa sakit perut bagian bawah sendiri memiliki berberapa penyebab, antara lain:


1. Gas berlebih 

Biasanya gas berlebih akan terjebak di dalam perut sehingga menimbulkan rasa sakit saat hamil. Biasanya ini dipengarungi oleh pencernaan, tetapi ada penyebab lain seperti hormon kehamilan yang menghambat sistem pencernaan, rahim menekan sistem pencernaan, gas karena sembelit juga mengganggu keseimbangan sistem pencernaan.

2. Sebagai persiapan tubuh saat hamil

Perut bisa saja terasa sakit karena tubuh melakukan persiapan saat hamil, di mana perut terasa seperti ditusuk atau ditarik ke satu bahkan dua sisi, tak lupa pula kram menyertai. Lengkap sudah penderitaan Moms. Pasalnya sakit perut ini dikarenakan perubahan hormon dan penyebab lain seperti peningkatan aliran darah serta perubahan tubuh untuk persiapan mengandung janin.

3. Infeksi saluran kemih 

Infeksi saluran kemih bisa terjadi karena rahim yang berkembang sehingga kandung kemih dan ureter tertekan. Ureter sendiri adalah saluran yang membawa urinn dari ginjal ke kandung kemih. Urine pun mengandung gula, protein, dan hormon selama kehamilan yang berlebih. Hal ini bisa meningkatkan risiko infeksi saluran kemih.


4. Kehamilan ektopik

Saat sel telur yang telah dibuahi menempel di luar rahim disebut kehamilan ektopik. Di mana keadaan ini bisa dialami kurang lebih 1 dari 50 wanita hamil. Sel telur yang telaah dibuahi tidak bisa bertahan hidup sehingga kehamilan ektopik tidak bisa berkalan normal. Terlebih, jaringan yang tumbuh di luar rahim bisa mengancam jiwa apabila tidak ditangani secara tepat.

5. Meregangnya otot dan ligamen

Di trimester kedua, Moms bisa kembali mengalami sakit perut bagian bawah karena pertumbuhan janin. Di trimester ini otot dan ligamen akan meregang ketika perut membesar. Kondisi ini pun akan semakin memburuk saat berdiri atau bangun dari tempat. Namun, rasa sakit ini hanya sementara, Moms bisa meminimalisir dan mencegah rasa sakit tersebut dengan melakukan peregangan guna memperkuat otot panggul atau berlatih yoga untuk ibu hamil. 

Nah, itulah beberapa penyebab umum sakit di bagian bawah perut saat Moms hamil. Dalam hal ini, Moms bisa mencegah dan mengatasinya dengan beberapa alternatif. Namun, cara tersebut hanya berlaku untuk sakit yang bersifat sementara. Sudahkah Moms mengenali penyebab sakit perut bagian bawah yang pernah Moms alami?

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Bumil Perlu Tahu Penyebab Sakit Perut Bagian Bawah, Kenali Tandanya!"

Posting Komentar