Fakta Unik Pada Bayi Baru Lahir




Baby AE - Tahu gak sih kalau bayi baru lahir itu mempunyai keunikan? Tahu gak sih kalau saya tuh suka sekali dengan bayi? Eh, kok jadi mbahas saya ya hehe. Eh Tahu gak sih, kok seperti program televisi di channel Trans7. Emang iya, hihi. Namun, yang akan saya bahas ini bukanlah channel tersebut. Melainkan fakta keunikan-keunikan pada bayi melalui tulisan ini.

Sebenarnya jarang sekali ada yang mengetahui kalau bayi baru lahir itu mempunyai keunikan sendiri. Kali ini saya akan memberi tahu apa saja keunikan pada bayi baru lahir. Terus simak ya J.

Beberapa fakta keunikan pada bayi baru lahir di bawah ini:



1. Pernah lihat gak kalau bayi baru lahir itu menangis bisa mengeluarkan air mata? Gak pernah kan? Nah, itu merupakan salah satu keunikan yang dimiliki bayi baru lahir. Pada gak nyadar kan? Hehe.

Baca juga: Tips Agar Anak Cepat Bisa Berbicara

Memang bayi baru lahir itu kalau menangis belum bisa mengeluarkan air mata. Hal itu disebabkan kelenjar air matanya belum benar-benar berkembang dengan sempurna. Setelah usianya sekitar 2-3 bulan barulah bisa menangis dengan berlinang air mata. Sebab, di umur itu produksi air mata pada bayi semakin meningkat. Jadi, para orangtua tidak perlu khawatir ya kalau anaknya baru lahir menangis tanpa air mata J.



2. Pada umumnya setiap bayi baru lahir memiliki tanda lahir minimal satu. Tanda lahir ini bukanlah kelainan, tapi ini normal. Sekitar 80% bayi dilahirkan dengan mempunyai tanda lahir. Tanda lahir ini terjadi disebabkan pembuluh darah kecil di bawah kulit melebar saat persalinan. Keunikan satu ini muncul dalam berbagai macam bentuk, ukuran, dan warna. Keunikan ini biasanya bisa menghilang dengan sendirinya saat dia berusia 3 tahun. Akan tetapi ada juga yang permanen dan bahkan melebar.






3. Tahu gak sih kalau sebenarnya bayi baru lahir itu memiliki tulang sebanyak 300? Tidak seperti tulang pada orang dewasa yang jauh lebih sedikit dibandingkan dengan bayi baru lahir. Namun, seiring bertambahnya usia. Jumlah tulang berkurang menjadi 206 yang disebabkan beberapa tulang telah menyatu. Seperti halnya pada tulang tengkorak bayi yang memiliki beberapa tulang lunak saling tumpang tindih selama melahirkan. Hal itu untuk mempermudah bayi keluar dari vagina sang ibu.



4. Sadarkah para orangtua kalau bayi baru lahir itu belum memiliki tempurung lutut? Nah, sekarang saya kasih tahu nih bahwa bayi lahir tanpa memiliki tempurung lutut. Dia hanya memiliki tulang rawan (kartilago) pada lututnya sebelum akhirnya tempurung lutut benar-benar muncul pada saat usia enam bulan.



5. Sebenarnya bayi baru lahir itu sudah bisa medengar, mencium, dan melihat meski belum sempurna. Ketika bayi baru lahir, kemampuan pendengaran pada bayi belum sempurna. Hal itu disebabkan telinga tengahnya masih terisi cairan yang sedikit mengganggu pendengarannya. Akan tetapi bayi mungil tersebut sudah bisa mengenali suara ibunya, karena selalu menjadi suara paling jelas dalam pendengarannya ketika masih dalam kandungan. Oleh sebab itu, bayi dapat merespon lebih baik suara ibunya dibandingkan dengan suara orang lain. Pada saat tidur pun dia bisa mengenali suara ibunya walaupun hanya satu kata dan dapat mengaktifkan otaknya yang berhubungan dengan kemampuan bahasanya.

Baca juga:  Beberapa Cara Mudah Menyapih Anak



Bahkan indra penciumannya juga akan meningkat pada tahap ini. Akan tetapi indra penglihatannya tidak terlalu baik. Karena bayi baru lahir itu sedang mengalami rabun jauh. Dia baru bisa melihat benda apapun dalam jarak 8-12 inci darinya. Hal ini disebabkan karena otak bayi belum bisa memproses informasi sekitar 8-15 inci. Otak pada bayi mengandung sekitar 100 miliar neuron, itulah akibatnya mereka memperhatikan semua yang ada disekelilingnya. Bayi membutuhkan beberapa minggu agar dia bisa membedakan secara visual antara ibunya dan orang dewasa lainnya.



Itulah beberapa fakta unik yang terjadi pada bayi baru lahir. Bagaimana sudah tahu kan sekarang keunikan-keunikan pada bayi yang baru lahir? J

All picture by: Google.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Fakta Unik Pada Bayi Baru Lahir"

Posting Komentar