Tips Puasa untuk Ibu Hamil atau Menyusui



Baby AE - Hai Moms yang lagi hamil atau menyusui pasti tantangan berat di bulan puasa ini karena Moms membutuhkan nutrisi yang banyak. Dalam hukum Islam untuk kesehatan bayi dan Moms sendiri, Moms diperbolehkan tidak berpuasa. Itu berarti, Moms tetap bisa mengikuti puasa Ramadan selama mampu dan tidak membahayakan kesehatan untuk Moms maupun si kecil.

Namun, perlu Moms perhatikan beberapa hal penting selama menjalankan ibadah puasa dari sahur dan berbuka. Moms yang hamil atau menyusui akan merasa lebih haus dan lapar saat berbuka puasa karena supan yang dibutuhkan tidak hanya untuk Moms, tetapi harus dibagi untuk si kecil. Oleh karena itu, Moms perlu menyiasati saat berbuka agar tetap sehat. Berikut tips buka puasa sehat untuk Moms atau menyusui yang dilansir dari kompas.com :

  • Ada baiknya tidak langsung mengonsumsi makanan berat, Moms bisa terlebih dulu minum air putih dan menunaikan ibadah salat Magrib. Hal ini dikarenakan sistem pencernaan tidak bisa dipaksa bekerja keras setelah berpuasa seharian.
  • Untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh, perbanyaklah minum air putih di malam hari.
  • Moms perlu menghindari langsung minum es saat buka puasa karena bisa menyebabkan perut kembung. Hal ini dikarenakan produksi asam lambung yang meningkat. Akan lebih baik, jika Moms mengawali buka puasa dengan makanan hangat dan manis.
  • Saat berbuka puasa Moms bisa mengonsumsi makanan dengan kandungan serat tinggi dari buah dan sayuran, karena akan dicerna lebih lama, sehingga lambung akan mencernanya secara bertahap.
  • Jangan berbuka sampai kekenyangan karena bisa mengundang rasa kantuk atau tubuh jadi malas gerak.
  • Tetap terapkan pola makan 3 kali sehari dengan makan makanan ringan seperti kue, roti, atau makanan kecil lainnya setelah salat tarawih atau sekitar jam 9 malam.
Selain itu, saat sahur Moms perlu memperhatikan beberapa hal agar asupan sahur yang cukup untuk beraktivitas di siang harinya. Berikut tips sahur sehat untuk Moms yang hamil atau menyusui :
  • Minum susu sangat dianjurkan untuk menambah energi. Jika kadar gula Moms tinggi, akan lebih baik meminum susu plain atau diberi pemanis yang aman.
  • Pilihlah makanan yang mencukupi 4 sehat 5 sempurna. Selain itu, perlu komposisi yang seimbang 50 persen karbohidrat, protein 30 persen, dan 10-20 persen lemak.
  • Ada baiknya dalam menu sahur terdapat sayuran dan buah agar proses buang air besar lancar dan tidak mengalami sembelit. BAB yang tidak lancar isa menyebabkan gangguan seperti hamil pada Moms.
  • Moms juga perlu menghindari makanan pedas, jika memang ingin bisa makan secukupnya, tidak berlebihan,
  • Moms perlu memperhatikan waktu sahur, akan lebih baik makan tidak terburu-buru. Ada baiknya, bangun lebih awal.
  • Jika ada suplemen yang perlu diminum di waktu sarapan, Moms bisa meminumnya di waktu sahur. Selain itu jangan lupa memenuhi kebutuhan air putih sehari, yaitu dua liter yang setara dengan delapan gelas.
Itulah yang perlu Moms perhatikan agar tetap bisa puasa dan dalam keadaan sehat saat sedang hamil maupun menyusui. Tentunya, Moms perlu menyiasati agar nutrisi tetap tercukupi selama berpuasa. Menu buka puasa Moms untuk mencukupi nutrisi hari ini apa, nih?

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Tips Puasa untuk Ibu Hamil atau Menyusui"

  1. dulu pas menyusui alhamdulillah juga ikut puasa, tips yang minum susu pas sahur itu setuju banget

    BalasHapus