Trik Ampuh Mengatasi Anak Takut Jarum Suntik


Baby AE - Hai Moms, pasti si kecil tak akan lepas dari jarum suntik untuk kegiatan imunisasi dan vaksin. Namun, jarum suntik menjadi hal yang paling menakutkan untuk anak-anak, bahkan sering membuat si kecil menangis hingga berteriak histeris. Ketakutan si kecil pada jarum suntik menjadi hal yang umum terjadi. Jarum suntik sendiri memiliki peran penting dalam berbagai tindakan untuk mencegak dan mengobati penyakit, seperti kegiatan imunisasi, pemberian obat melalui suntikan, bahkan pemasangan infus.

Memang jarum suntik sendiri menimbulkan rasa sakit atau nyeri, tak heran kalau si kecil takut. Oleh karena itu, untuk mengatasi ketakutan si kecil perlu melakukan beberapa trik. Berikut trik ampuh mengatasi anak takut jarum suntik:

1. Mengalihkan perhatian anak

Moms bisa mengalihkan perhatian si kecil dengan mainan yang ia bawa atau benda lain di sekitar saat proses penyuntikan. Selain itu, Moms bisa mencerutakan dongeng kesukaan si kecil atau mengajaknya bernyanyi. Moms juga bisa membuat si kecil tertawa dengan menghiburnya misalnya bermain cilukba atau tepuk tangan.


2. Membawakan mainan kesukaannya

Mainan atau barang favorit si kecil bisa membuatnya tenang saat akan disuntik. Barang ini bisa berupa guling, buku cerita, boneka, atau baarang lain yang membuatnya senang. Hal ini bisa menjadi alat untuk mengalihkan perhatiannya saat disuntik, sehingga rasa takut si kecil akan berkurang.

3. Memberikan hadiah kepadanya

Cara umum yang efektif untuk membuat si kecil mau disuntik adalah memberikan hadiah yang menarik. Dengan itu, si kecil akan lebih berani menghadapi jarum suntik. Moms bisa menawarkan untuk membeli mainan baru di taman, memberikan mekanan favorit, atau membeli buku baru, dan lainnya. Nah, selain hadiah Moms bisa memuji si kecil setelah proses penyuntikan. Hal ini bisa menimbulkan rasa bangga tersendiri untuk si kecil.

4. Menunjukkan sikap tenang kepada anak

Jika Moms memiliki kekhawatiran tersendiri ketika melihat si kecil akan disuntik, hal ini juga akan membuat si kecil gelisah, Oleh karena itu, tetaplah tenang saat di depan si kecil agar tidak membuatnya semakin takut. Jika Moms tidak tega melihat si kecil disuntik, gendong atau pegang anak saat disuntik yang akan memberinya rasa aman dan nyaman.


5. Memberikan pemahaman tentang pentingnya penyuntikkan

Nah, biasanya si kecil merasa takut pada jarum suntik karena belum memahami manfaatnya. Maka dari itu, berikan pemahaman tentang pentingnya penyuntikkan kepada si kecil. Misalnya, penyuntikkan ini harus dilakukan untuk melawan kuman atau agar ia bisa sembuh bisa kembali bermain dengan temannya. Moms bisa mengajak si kecil bermain dokter-dokteran di rumah, kegiatan dilakukan agar bisa mengenal berbagai peralatan medis, termasuk jarum suntik sehingga rasa takutnya berkurang.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Trik Ampuh Mengatasi Anak Takut Jarum Suntik"

Posting Komentar