5 Kebiasaan yang Bikin Sulit Hamil


Baby AE - Hai Calon Bunda, pasti mempunyai keturunan menjadi keinginan setiap pasangan yang sudah menikah. Bahkan, beberapa pasangan yang sudah menikah rela melakukan apapun demi mendapatkan keturunan, salah satunya dengan mengikuti program hamil. Namun, terlepas dari itu ada kebiasaan yang tanpa disadari kamu lakukan dan membuatmu sulit memiliki keturunan. Dilansir dari akun Youtube Emasuperr, Bidan dr. Ema Surya Pertiwi menyampaikan beberapa kebiasaan yang dilakukan wanita yang membuatnya sulit memiliki keturunan, sebagai berikut:

1. Berat badan

Wanita yang berat badannya berlebih akan sulit memiliki keturunan, terlebih BMI di atas 25 atau bisa disebut gemuk. Wanita yang memiliki BMI di atas 25, dua kali lebih sulit mendapatkan keturunan daripada wanita BMI normal dengan rentan BMI 19-22. Lain halnya dengan wanita yang memiliki BMI di bawah 19 atau bisa disebut kurus, maka empat kali lebih sulit memiliki keturunan.


2. Kebiasaan Merokok

Asap rokok yang masuk ke tubuh baik berasal dari orang lain maupun diri sendiri akan mempengaruhi hormon kesuburan dan janin.

3. Kebiasaan mengkonsumsi kopi dan alkohol secara berlebihan

Baik pria maupun wanita yang mengkonsumsi kopi 5 gelas per hari atau kafein di atas 500 mg per hari, hormon kesuburannya akan dipengaruhi dan semakin sulit memiliki keturunan. Wanita yang mengkonsumsi alkohol sebanyak 60 persen akan sulit mempunyai keturunan.


4. Salah memperhatikan masa subur

Siklus menstruasi wanita normalnya kurang lebih 28 hari dan hanya terdapat satu hari masa subur. Satu hari masa subur inilah waktu sel telur wanita dikeluarkan, apabila dalam satu hari sel tersebut tidak dibuahi, maka sel telur akan luruh dengan sendirinya kurang lebih 12-24 jam kemudian.

5. Perhatikan waktu tidur dan jam kerja

Wanita yang memiliki waktu tidur di bawah 6 jam atau bekerja dengan sistem bergantian atau shift bisa mempengaruhi sirkadian ritme atau jam tubuh. Hal itu bisa mengganggu hormon kesuburan. Jadi, dianjurkan mempunyai siklus kerja yang tetap dan mempertahankan jam tidur dari 6-8 jam per hari.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "5 Kebiasaan yang Bikin Sulit Hamil"

Posting Komentar