Mitos atau Fakta? Bayi akan Mirip Seseorang yang Dibenci Ibunya Saat Hamil


Baby AE - Hai Moms, pasti sering mendengar mitos ini semasa kehamilan. Ya, jika Moms sedang hamil dan membenci seseorang bayinya akan mirip orang tersebut. Tentunya ini membuat Moms khawatir, benar apa tidak pernyataan ini? Faktanya para ahli memperkirakan ada 60 ribu sampai 100 ribu gen dalam 46 kromosom si kecil. Kromosom itu sendiri dari ibu dan ayah yang jumlahnya masing-masing 23 kromosom.

Nah, Moms perlu tahu kalau inilah yang akan muncul dalam kandungan dan merupakan hasil kerja sama antara gen ibu dan ayah. Di antara keduanya pasti ada yang kuat, ada yang lemah, dan ada sebagian saja yang kuat. Oleh karena itu, sulit untuk memastikan si kecil akan mirip siapa nantinya walau dokter kandungan sekalipun, sebab banyak kemungkinan kombinasi gen tersebut. Jadi, kecil kemungkinan si kecil akan mirip seseorang yang dibenci Moms saat hamil. 


Namun, Moms tak perlu khawatir si kecil mirip siapa nantinya karena bisa memperhatikan empat hal ini saat di kecil lahir:

1. Karakter Wajah dan Anggota Tubuh

Secara dominan, karakteristik wajah dan anggota tubuh sudah diwariskan secara turun temurun dari orang tuanya. Hanya saja wujud awal si kecil bisa mengalami perubahan seiring berjalannya waktu. Mungkin saja ketika kecil ia mirip ibu, tetapi saat beranjak dewasa mirip seperti ibunya bisa juga sebaliknya.

2. Warna Rambut

Pencampuran pigmen warna rambut ibu dan ayah pasti akan menurun ke warna rambut anaknya. Tetapi, bisa saja warna rambut si kecil berbeda dengan warna rambut kedua orang tuanya. Hal ini dikarenakan gen resesif atau gen tersembunyi dari ibu atau ayah tidak berkombinasi dengann gen lainnya. 

3. Warna Mata

Tak hanya warna rambut yang berasak dari percampuran gen ibu dan ayah, tetapi warna mata juga dipengaruhi. Warna ini ditentukan oleh pigmen cokelat atau melanin pada bagian iris mata. Namun, untuk melihat warna mata si kecil yang sebenarnya dibutuhkan waktu sekitar enam bulan.


4. Tinggi dan Berat Badan

Tinggi dan berat badan seseorang bisa dipengaruhi oleh faktor genetik. Tentunya, gen dari ibu dan ayah akan mempengaruhi indeks massa tubuh, tekanan darah, massa tulang, hingga lemak tubuh si kecil. Nah, cara memprediksi tinggi badan anak bisa menggunakan rumus di bawah ini:
Anak laki-laki=((tinggi ibu+ayah) dibagi 2) +5 cm
Anak perempuan=((Tinggi ibu+ayah) dibagi 2)-5 cm

Bagaimana dengan mitosnya? Mitos tentang membenci seseorang saat hamil bisa membuat anak mirip dengan orang tersebut tidak sepenuhnya benar. Faktanya, kita sendiri tidak bisa menentukan anak kita kelak akan mirip siapa. Ambil positifnya saja, Moms, jangan membenci seseorang saat hamil.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Mitos atau Fakta? Bayi akan Mirip Seseorang yang Dibenci Ibunya Saat Hamil"

Posting Komentar