Tips Menyusui Sambil Menggendong


Baby AE - Menyusui sambil menggendong terdengar sulit untuk Moms apalagi harus berhati-hati, walau sebenarnya Moms bisa melakukan keduanya pada saat bersamaan. Terkadang Moms terpaksa memilih menyusui si kecil dalam gendongannya karena situasi, terlebih saat si kecil sulit untuk tenang dan menangis. Walaupun menyusui sambil menggendong bukan hal yang mudah, Moms harus banyak berlatih sampai bisa memposisikan si kecil secara tepat sehingga bisa menyusu dengan nyaman. Selain itu, juga bisa bermanfaat untuk Moms yang bisa menyusui sambil melakukan aktivitas lain. Berikut tips menyusui dalam gendongan:

1. Pastikan kepala bayi bisa bergerak


Tentunya, saat menyusui Moms harus memastikan leher si kecil bisa bergerak atau berganti posisi. Sebab, si kecil akan sulit menelan dan mengisap jika kepalanya tidak bisa digerakkan. Selain itu, bayi harus bisa menarik kepalanya ke belakang setelah selesai menyusu dan melepas puting atau saat hidungnya tertutup kain. Moms juga bisa menyanggah kepala bayi dengan tangan atau kain gendongan serta memastikan posisinya lebih rendah dari leher bayi agar si kecil bisa menggerakkan kepalanya saat menyusui. 

2. Sangga payudara

Nah, walaupun bayi sudah sejajar dengan puting tetap saja tak mudah bagi si kecil menemukannya. Moms harus menyodorkan puting pada si kecil, untuk mempermudah si kecil menyusu. Memang menyusui dalam gendongan sangat sulit untuk menggerakkan tangan dengan bebas. Namun, seiring waktu si kecil akan mulai meraih payudara Moms saat menyusu dan membuatnya lebih nyaman.  


3. Memakai pakaian yang memudahkan Moms menyusui

Moms sebaiknya mengenakan pakaian khusus menyusui dengan bukaan kanan kiri sehingga mempermudah Moms memberi si kecil akses ke payudara tanpa membiarkan bagian dada terbuka lebar. Ketika menyusui sambil menggendong Moms pun perlu mengenakan baju yang nyaman dan hindari menutup kepala si kecil saat disusui agar jalan napas si kecil tidak terganggu.

4. Berlatih menyusui dengan posisi tegak

Moms perlu tahu, nih, kalau saat menggendong si kecil dengan posisi tegak maka akan lebih mudah menyusui. Menyusui dalam gendongan dengan posisi ini mengharuskan Moms menurunkan si kecil sampai posisinya sejajar dengan payudara dengan melonggarkan kain atau tali pada gendongan yang digunakan. Lalu, dukung punggung si kecil dengan tangan agar si kecil bisa memasukkan payudara ke dalam mulutnya dan mulai menyusu secara sempurna. Namun, posisi menyusui ini lebih sesuai diterapkan pada bayi usia empat bulan ke atas karena lehernya sudah cukup kuat menopang kepala dan lebih terampil menyusu. 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tips Menyusui Sambil Menggendong"

Posting Komentar