Pertolongan Pertama untuk Bayi yang Batuk Pilek


Baby AE - Hai Moms, dalam mengasuh si kecil pasti ada saja masalah yang dihadapi mengingat si kecil masih rentan dengan sekitar. Ya, contohnya saja saat musim hujan seperti ini si kecil akan mengalami batuk dan pilek jika kita tidak menjaganya dengan hati-hati. Pilek dan batuk sendiri menjadi keluhan umum yang biasa dialami siapa saja termasuk bayi, tetapi Moms tak perlu khawatir karena pileknbisa sembuh dengan sendirinya. Namun, melihat kondisi si kecil yang mengalami batuk dan pilek pasti akan khawatir. Nah, Moms bisa melakukan perawatan sederhana untuk mengatasi pilek si kecil.

Ya, Moms bisa mengatasi batuk dan pilek si kecil bisa memberikan pertolongan sederhana dengan menyusui, memeluknya, atau memberikan alat penyedot ingus untuk melegakan pernapasan si kecil. Pilek dan batuk ini sendiri wajar saat musim hujan seperti ini, karena sistem kekebalan tubuh pada si kecil belum sempurna dan inilah yang membuatnya rentan terserang penyakit. Apalagi di musim seperti ini bakteri, kuman, dan virus berkembang biak dengan cepat.


Pilek sendiri ditandai dengan keluarnya ingus atau cairan bening dari hidung, biasanya setelah seminggu ingus akan berwarna kuning atau hijau yang sering menjadi penanda pilek akan berakhir dan si kecil sembuh. Ingus ini merupakan cara untuk menyingkirkan kuman pada tubuh, tetapi jika yang keluar begitu banyak sampai menyumbat hidung bisa mengganggu pernapasan si kecil. Oleh karenaa itu, Moms harus melakukan pertolongan pertama untuk mengatasi ini dengan beberapa cara berikut:

1. Oleskan balsam khusus anak

Untuk meringankan batuk pilek pada anak Moms perlu mengoleskan balsam ke dada, punggung, dan leher. Pastikan balsam yang digunakan khusus untuk bayi atau anak, biasanya yang mengandung kayu putih, menthol, camphor, chamomile. Bahan alami ini dipercaya aman dan bisa meringankan batuk pilek pada si kecil.

2. Berikan lebih banyak air putih

Untuk si kecil yang berusia 6 bulan, Moms bisa memberikannya minum air putih lebih banyak. Ini membantu mengencerkan dahak di saluran pernapasan, sehingga mudah dikeluarkan. Air putih juga akan mencegah si kecil dehidrasi yang menyebabkan masalah kesehatan lain. Selain air putih, Moms bia memberikan minuman hangat seperti teh. Hal ini untuk meringankan batuk pilek dan meredakan sakit tenggorokan. Lain halnya, jika si kecil masih minum ASI lanjutkan memberikannya ASI yang bisa membantu si kecil agar cepat pulih dari flu.


3. Berikan madu

Madu dipercaya bisa meringankan batuk dan sakit tenggorokan, apalagi lebih ampuh dibandingkan obat batuk yang banyak dijual bebas. Madu hanya bisa diberikan pada si kecil yang usianya di atas satu tahun. Nah, Moms bisa memberikan setengah sendok teh madu pada si kecil untuk meringankan batuk pileknya. Moms juga bisa mencampur dua sendok teh madu dengan air perasan lemon atau teh hangat agar si kecil lebih mudah mengonsumsinya.

4. Pastikan tidurnya cukup

Tubuh si kecil membutuhkan lebih banyak energi untuk melawan virus atau bakteri penyebab infeksi saat batuk pilek, Pastikan si kecil tidur dan istirahat dengan cukup, selain itu buat kamar tidurnya senyaman mungkin agar bisa tidur lebih nyenyak. Tidur ini berguna untuk memulihkan energi dan memulihkan diri.

5. Posisikan kepalanya lebih tinggi saat berbaring

Si kecil bisa saja mengalami hidung tersunbat yang membuatnya kesulitan bernapas, sehingga si kecil akan rewel dan susah tidur. Nah, untuk mengatasinya Moms perlu memposisikan kepalanya lebih tinggi ketika ia tidur, agar si kecil bisa bernapas lega. Untuk ini Moms bisa menggunakan bantal tambahan untuk menopang kepala dan bahunya.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pertolongan Pertama untuk Bayi yang Batuk Pilek"

Posting Komentar