Mengenal Hepatitis Misterius yang Menyerang Anak


Baby AE - Hai Moms, dunia kesehatan kembali dihebohkan dengan kasus hepatitis akut misterius yang menyerang anak-anak. Tak heran, jika kasus tersebut menimbulkan polemik karena belum diketahui penyebabnya dan menyebabkan kematian. Sehingga, kasus ini menjadi masalah yang belum terpecahkan oleh para ahli. Bahkan, kabarnya kasus hepatitis ini semakin tinggi sejak 5 April 2022. Anak-anak yang terinfeksi hepatitis akut misterius ini harus dirawat intensif.

Kini, kasus hepatitis akut misterius dialami oleh sebagian besar anak-anak di Eropa, Amerika, Pasifik Barat, dan Asia Tenggara termasuk Indonesia. WHO pun menyatakan kasus hepatitis akut ini menyerang anak-anak dan belum diketahui penyebabnya sehingga ditetapkan sebagai kejadian luar biasa. Bahkan, Kementerian Kesehatan meningkatkan kewaspadaan. Nah, Moms harus waspada dengan hepatitis akut misterius yang berbahaya dan cepat menyebarnya ini dengan mengenalnya terlebih dahulu.


Ya, hepatitis sendiri merupakan penyakit peradangan hati. Untuk penyakit Hepatitis Akut Misterius pada anak pun masih diselidiki penyebab utamanya. Agen infeksi yang bertanggung jawab pada hepatitis A, B, dan lainnya belum menemukan penyebabnya. Dilansir dari kompas.com dokter menemukan, sebagian anak yang terinfeksi penyakit ini menunjukkan reaksi positif pada Adenovirus 41. Adenovirus 41 berkaitan dengan hepatitis dan menjadi pemicu infeksi umum pada anak-anak di bawah 10 tahun, serta menjadi penyebab diare dan muntah-muntah dalam kasus normal.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyatakan, kasus hepatitis kali ini berbeda dengan kasus hepatitis yang sebelumnya. Pada hepatitis akut ini peradangan terjadi dengan cepat, dan infeksi bisa menjadi kronis seperti pada hepatitis B, C, dan D. Nah, Moms harus mengenali penyakit ini untuk menghadapinya, berikut gejala yang perlu diwaspadai pada anak :

  • Diare
  • Mual dan muntah
  • Lesu, lelah, dan lemah
  • Kehilangan nafsu makan
  • Nyeri perut
  • Kuning pada kulit dan mata
  • Feses pucat
  • Terkadang nyeri sendi
  • Terkadang terasa gatal
  • Terkadang disertai demam
Nah, itulah gejala-gejalanya, biasanya mual, muntah, demam, dan tidak nafsu makan yang merupakan gejala umum akan menghilang setelah dua minggu. Sedangkan gejala seperti kulit dan mata yang menguning akan memuncak sekitar 2 minggu dan sedikit lebiih lama hilangnya. Perlu diketahui penyebab dari penyakit ini terlebih dahulu sebelum mengatasinya.


Jika penyebabnya virus biasanya pasien akan sembuh dalam kurun waktu 4 minggu hingga 8 minggu. Lain halnya, jika kerusakan hati disebabkan oleh infeksi virus yang parah, konsumsi alkohol dan obat yang berlebihan, hepatitis akan memicu gagal hati. Hal inilah yang membuat hati berhenti menghasilkan protein untuk membantu pembekuan darah, berhenti menyaring racun dari darah. Dalam hal ini, pasien membutuhkan donor hati, jika tidak mendapatkannya akan mengalami koma hingga kematian.

Selain mengenali gejala hepatitis, Moms perlu melakukan pencegahan berikut :
  1. Mengajari si kecil cuci tangan
  2. Memberi anak minum air bersih dan matang
  3. Menyiapkan makanan yang bersih dan matang penuh pada anak
  4. Menggunakan alat makan masing-masing
  5. Membuang popok atau tinja sekali pakai di tempatnya
  6. Mematuhi protokol kesehatan

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Mengenal Hepatitis Misterius yang Menyerang Anak"

Posting Komentar