Bunda Wajib Tahu, Manfaat Susu Kedelai Saat Hamil!


Baby AE - Hai Moms, pernah dengar mitos kalau mengonsumsi susu kedelai anak akan berkulit putih. Eits, tidak seperti itu konsepnya, Moms! Susu kedelai memang mempunyai tingkatan pritein yang sama dengan kandungan protein yang terdapat dalam susu sapi. Tentunya akan sangat baik, jika Moms mengonsumsi sumber protein selama kehamilan. Saat hamil Moms pun harus memperhatikan makanan yang dikonsumsi, nih, karena makanan itu juga akan dikonsumsi oleh si kecil yang tumbuh di perut Moms.

Nah, untuk sebagian orang yang tidak cocok dengan laktosa dari berbagai varian susu bisa menggantinya dengan kedelai. Susu kedelai sendiri menjadi pengganti susu sapi untuk orang-orang yang mempunyai kondisi medis tertentu atau intoleransi laktosa. Biasanya orang tersebut akan memilih susu kedelai yang merupakan olahan kacang kedelai yang direndam, lalu dihaluskan dan direbus. Tak perlu diragukan lagi, susu kedelai aman untuk ibu hamil dan mempunyai berbagai manfaat berikut :

Baca juga : Cara Praktis Melebatkan Rambut Bayi Agar Cepat Lebat

1. Mengandung lemak baik

Susu kedelai berbeda dengan susu yang memiliki kandungan lemak tinggi, karena susu kedelai merupakan susu rendah lemak yang baik untuk pertumbuhan si kecil. Namun, Moms perlu berhati-hati karena susu kedelai mengandung isoflavon yang menyerupai estrogen. Nah, biasanya jika Moms mengonsumsi susu kedelai secara teratur akan mengalami gejala alergi seperti muntah, mual, masalah pernapasan, ruam, dan bengkak. Isoplavon juga memicu sakit kepala migrain, oleh karena itu Moms dianjurkan untuk mengonsumsi sewajarnya, tidak berlebihan meminum susu kedelai.

2. Kaya akan protein

Dalam kedelai terdapat protein yang sangat baik untuk kehamilan karena mengandung sembilan asam amino vital. Moms bisa menambah konsumsi protein yang akan membawa perubahan signifikan, terlebih jika Moms seorang vegetarian. Terlebih protein yang terkandung dalam susu kedelai rendah lemak, sehingga baik di konsumsi Moms saat hamil. 

3. Mengandung banyak vitamin

Susu kedelai yang banyak mengandung vitamin sangat disarankan untuk Moms saat hamil karena bisa diserap oleh Moms. Vitamin sendiri tak hanya untuk si kecil, tetapi juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan Moms. Vitamin yang terkandung dalam kedelai antara lain vitamin A, B1,  dan E yang sangat dibutuhkan Moms. 


4. Sumber karbohidrat

Karbohidrat sendiri dibutuhkan untuk energi baru yang banyak guna mendukung perubahan hormon dan mudah letihnya Moms saat hamil. Susu kedelai merupakan sumber karbohidrat yang sehat dan aman untuk Moms karena terdapat karbohidrat kompleks di dalamnya yang menambah energi dan membuatnya bertahan lama. 

5. Mengandung asam folat

Asam folat berguna untuk membantu perkembangan sistem saraf si kecil. Selain itu, asam folat busa mengurangi risiko bayi lahir dengan keadaan neural tube defect (NTD) atau kondisi di mana tabung saraf janin mengalami kecacatan. 

Nah, Moms wajib mengonsumsi asam folat. Jika Moms tidak terbiasa mengonsumsi suplemen asam folat saat masa kehamilan, bisa mengonsumsi susu kedelai yang merupakan sumber alami asam folat. 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Bunda Wajib Tahu, Manfaat Susu Kedelai Saat Hamil!"

Posting Komentar