Beranda · ARTIKEL · PARENTING · TIPS · REVIEW ·

Tips Mengajarkan Anak Puasa Saat Ramadan


Baby AE - Hai Moms, menjelang puasa seperti ini pasti si kecil yang sudah beranjak ke usia balita punya keinginan untuk ikut berpuasa setelah melihat orang di sekelilingnya berpuasa. Selain itu, mereka juga pasti penasaran dengan yang dimaksud puasa dan bertanya ini itu. Nah, sedangkan Moms pasti bimbang sudah waktunya si kecil berpuasa atau belum.

Nih, Moms puasa sendiri merupakan rukun Islam yang wajib ditunaikan untuk setiap umat muslim dewasa dalam keadaan sehat. Tentunya untuk remaja usia 14 atau 15 tahun puasa menjadi kewajiban. Sedangkan untuk si kecil, Moms bisa melatih mereka untuk berpuasa dan mengajari mereka membiasakan diri berpuasa sepanjang hari. Nah, anak boleh dilatih berpuasa sejak usia 7 tahun asal anak sehat dan berakal dan di usia tersebut idealnya anak belajar puasa selama bulan Ramadan.

Ada beberapa cara yang bisa Moms terapkan untuk mengenalkan puasa pada si kecil sejak saat itu. Si kecil perlu motivasi untuk melakukannya, jadi Moms tak perlu memaksanya apalagi dengan kekerasan. Pertama kali si kecil belajar puasa, Moms tidak perlu mewajibkannya untuk berpuasa sepanjang hari, tetapi biarkan si kecil tanpa makan dan minum selama yang mereka bisa. Sehingga, saat mereka lapar atau haus Moms perlu memberikan mereka kesempatan untuk berbuka. Sebab, si kecil membutuhkan banyak nutrisi dan energi sehingga Moms tidak perlu membahayakannya dengan memaksa mereka untuk puasa sepanjang hari di usianya yang masih sangat muda.

Baca juga : Tradisi Lebaran si Kecil

Namun, saat si kecil menunjukkan keinginan untuk berpuasa dan memasuki usia yang cukup untuk berpuasa yaitu 7 tahun, Moms bisa membantunya mengenalkan puasa. Moms bisa mendorong si kecil untuk praktik berpuasa dengan cara yang sehat dan sesuai usianya. Berikut tips mengajarkan si kecil berpuasa saat Ramadan:

1. Memastikan si kecil siap berpuasa

Jika di usia 6 atau 7 tahun si kecil ingin mencoba berpuasa Moms perlu memastikan mereka siap dengan meluangkan waktu untuk berbincang dan mengenalkan mereka tentang puasa sebelum berlatih puasa.

2. Mendorong mereke mempersiapkan diri dan berlatih

Saat si kecill mulai berlatih puasa, mereka akan belajar seperti apa rasanya berpuasa dan mulai mengetahui apa yang diinginkan saat pertama kali puasa penuh di bulan Ramadan. Moms perlu ingat, jika mereka juga seang belajar berpuasa sehingga tetap sabar selama proses mendukungnya.

3. Menjelaskan tentang keutamaan puasa dan Ramadan

Moms perlu memberi tahu si kecil tentang keutamaan uasa dan alasan mereka perlu berpartisipasi selama bulan suci. Hal ini akan memberi mereka pemahaman tentang berpuasa dan memotivasi mereka untuk mulai berpuasa sendiri karena Allah SWT.


4. Memberi contoh dan dukungan yang positif

Tentunya, dorongan dari Moms sangat berarti untuk si kecil, terlebih saat dipuji akan ada kebanggaan tersendiri buat mereka. Selain itu, Moms juga perlu menyesuaikan diri dengan puasa karena akan menjadi contoh untuk si kecil. Sehingga Moms perlu menunjukkan cara berpuasa dan memberikan alasan kenapa Moms berpuasa di bulan Ramadan.

5. Asupan nutrisi yang baik untuk sahur

Di usianya pasti si kecil membutuhkan asupan energi yang banyak agar bisa tetap beraktifitas seharian. Terlebih makanan sahur membantu memudahkan mereka untuk mengikuti puasa, oleh karena itu Moms perlu memastikan si kecill makan makanan yang mengandung protein dan vitamin yang tepat untuk memastikan kebutuhan energinya tercukupi.

Nah, itulah cara mengajarkan berpuasa saat Ramadan kepada si kecil, tetapi jangan dipaksa. Biasanya ada si kecil yang sangat antusias puasa karena rasa penasaran dan keinginannya yang kuat. Melatih si kecil berpuasa sejak dini memang sangat penting, karena banyak sekali yang sudah remaja tapi tak berpuasa karena sulitnya mereka menahan keinginan untuk makan. Oleh karena itu, Moms perlu membiasakan berpuasa pada si kecil sejak dini. Bagaimana nih mengajarkan puasa pada anak versi Moms?


0 Response to "Tips Mengajarkan Anak Puasa Saat Ramadan"

Posting Komentar