Menu MPASI Terbaik untuk Tumbuh Kembang Anak



Baby AE - Bunda pasti tahu apa itu MPASI, Makanan Pendamping Air Susu Ibu ini menjadi nutrisi tambahan si kecil sejak menginjak usia 6 bulan. Hal ini karena kebutuhan nutrisi si kecil mengalami peningkatan saat berumur 6 bulan, oleh karena itu ASI dan MPASI sebaiknya diberikan secara bersamaan, ya, Bun. MPASI sendiri sangat penting karena berguna untuk mencukupi kebutuhan harian si kecil yang tidak terpenuhi oleh ASI maupun susu formula bayi apalagi saat si kecil sudah tidak menyusu ASI.

Selain itu, pemberiaan makanan padat juga bisa melatih kemampuan otot oromotor (otot-otot di mulut), kemampuan motorik bayi dan mencegah masalah gizi pada bayi. Di saat itulah si kecil dapat belajar untuk mengonsumsi makanan padat sehingga bayi tidak susah makan. Bunda perlu tahu kalau makanan padat diberikan tidak tepat waktu, bisa terlalu cepat atau lambat akan berisiko pada kurang baik bagi Kesehatan bayi seperti meningkakan risiko tersedak, menimbulkan gangguan pencernaan pada bayi, dan menjadi faktor risiko alergi, eksim, dan obesitas apabila terlalu cepat.

Bunda harus hati-hati dalam menentukan waktu yang tepat untuk memberikan MPASI, terlebih saat terlambat akan menyebabkan gangguan pertumbuhan dan penolakan terhadap MPASI karena tidak terbiasa. Nah, bunda perlu tahu nih kapan waktu yang tepat untuk memberikan MPASI pada si kecil, ada beberapa tanda Ketika si kecil siap untuk dikenalkan dengan makanan pendamping ASI, sebagai berikut:

Baca juga: Pentingnya Memberikan ASI untuk Anak

        1.       Bayi duduk dengan posisi leher tegak

        2.       Bayi memperlihatkan ketertarikan dengan makanan

        3.       Bayi menunjukkan kemampuan motorik yang baik

        4.       Bayi terlihat masih lapar setelah diberikan ASI

Lantas, menu makanan seperti apa yang baik untuk bayi? Nah, ini menu makanan yang baik untuk bayi dari 6-9 bulan. Berdasarkan Ikatan Dokter Anak Indonesiaa (IDAI) bayi yang baru pertama kali belajar makan sebaiknya diberikan tekstur makanan saring (Puree), kemudian menjadi lumat (mashed). Jadi, bunda harus usahakan untuk menyajikan berbagai daftar menu MPASI yang bertekstur saring, lumat, dan halus agar mudah dimakan oleh bayi 6 bulan.

Baca juga: 5 Rekomendasi MPASI untuk Bayi Umur 6 Bulan

Seiring berjalannya waktu bunda bisa mengubah teksturnya secara perlahan, biasanya di usia 9-11 bulan tekstur makanan bayi sudah berubah menjadi cincang halus, cincang kasar, dan finger food bayi. Nah itu, MPASI terbaik untuk tumbuh kembang si kecil yang harus bunda perhatikan.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Menu MPASI Terbaik untuk Tumbuh Kembang Anak"

Posting Komentar