Pentingnya Memberikan ASI untuk Anak



Baby AE - Air Susu Ibu (ASI) adalah makanan terbaik bagi bayi karena mengandung nutrisi  paling sesuai untuk pertumbuhan dan perkembangan. Nutrisi yang dimaksud antara lain protein, karbohidrat, vitamin B1 dan B6, asam folat, yodium, zat besi, seng, AA, DHA, dan yang lainnya sudah terkandung di dalam ASI dengan jumlah yang seimbang. ASI dari Bunda sangat berpengaruh kepada pertumbuhan dan perkembangan si kecil, oleh karena itu bunda harus hati-hati dalam mengonsumsi makanan, nih.

Mengingat pentingnya ASI untuk asupan bayi pemerintah menetapkan pemberian Air Susu Ibu atau ASI secara ekslusif yang biasa disebut ASI ekslusif. ASI ekslusif ini sejak bayi lahir sampai berumur 2 tahun, dengan pemberian makanan tambahan yang sesuai dari usia enam bulan sampai dua tahun.

Baca juga: Cara Stimulasi Bayi Baru Lahir

Memberikan ASI sejak dini, alangkah baiknya setelah bayi dilahirkan mempunyai manfaat untuk Ibu dan si kecil. Selain menjalin kasih sayang dengan bayi, memberikan ASI juga mengurangi pendarahan setelah melahirkan, mempercepat pemulihan kesehatan bunda, menunda kehamilan, dan mengurangi risiko terkena kanker payudara.

Pemberian ASI dapat membentuk perkembangan emosional bayi karena mendapatkan kasih sayang dalam dekapan bunda selama disusui, si kecil pun bisa bersentuhan langsung dengan bunda sehingga mendapatkan kehangatan, kasih sayang, ikatan emosional, dan rasa aman. Berikut manfaat ASI untuk si kecil:

1. ASI memberikan nutrisi yang ideal untuk bayi

Saat hari pertama setelah melahirkan payudara bunda akan menghasilkan cairan kental dan kekuningan yang disebut kolostrum, cairan inilah yang mengandung protein tinggi, rendah gula, dan sarat dengan berbagai senyawa bermanfaat.

Baca juga: Fakta Tentang Bayi Baru Lahir

2. ASI mengandung antibodi penting bagi bayi

Kali ini juga tak jauh-jauh dari cairan kolostrum yang menyediakan sejumlah besar Imuniglobin A, serta beberapa antibodi lainnya. Imuniglobin A sendiri melindungi bayi dari sakit dengan membentuk lapisan pelindung di hidung dan tenggorokan, antibodi dapat membantunya melawan virus, dan sistem pencernaan bayi.

3. Menyusui dapat mengurangi risiko penyakit pada bayi

Sejumlah penelitian telah menunjukkan bahwa bayi yang tidak disusui lebih rentan terhadap masalah kesehatan seperti pneumonia, diare, dan infeksi. ASI ekslusif dapat mengurangi risiko bayi untuk terkena banyak penyakit seperti leukimia, diabetes, penyakit alergi, sindrom kematian bayi mendadak, pilek dan infeksi, dan masih banyak lagi.

4. ASI meningkatkan berat badan bayi yang sehat

Bayi yang diberi ASI juga memiliki lebih banyak leptin dalam sistem tubuh daripada bayi yang diberi susu formula. Leptin adalah hormon kunci untuk mengatur nafsu makan dan penyimpanan lemak. Bukan hanya itu, pemberian ASI bisa membantu bayi mengembangkan pola makan yang sehat.

Baca juga: Cara Tradisional Melatih Bayi Berjalan

5. Menyusui dapat membuat anak lebih cerdas

Beberapa penelitian mengamati perkembangan otak bayi yang diberi ASI dan yang diberi susu formula. Hasilnya, bayi yang diberi ASI memiliki skor kecerdasan yang lebih tinggi dan lebih kecil kemungkinannya untuk mengembangkan masalah perilaku dan pembelajaran saat tumbuh dewasa dibanding bayi yang diberi susu formula.

Perbedaan dampak ini mungkin disebabkan oleh keintiman fisik, sentuhan, dan kontak mata yang terkait dengan menyusui serta kandungan nutrisi. Penelitian dengan jelas menunjukkan bahwa pemberian ASI memiliki efek positif yang signifikan pada perkembangan otak jangka panjang bayi.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pentingnya Memberikan ASI untuk Anak"

Posting Komentar