Mengatasi Rasa Nyeri pada Bayi Akibat Tumbuh Gigi




Baby AE - Hai Bunda, melihat tumbuh kembang sang buah hati pasti merupakan pengalaman yang menarik sekaligus menyenangkan ya? Akan tetapi adakalanya sang buah hati mengalami kendala seperti rasa sakit atau nyeri pada salah satu anggota tubuhnya, misalnya dalam masa-masa pertumbuhan gigi. Pasti membuat kegiatan sang buah hati menjadi tidak nyaman, ya?? 

Gigi bayi sudah mulai terbentuk dan berkembang dalam gusi sejak ada di dalam kandungan loh. Oleh sebab itu, bakal gigi sudah dapat muncul saat bayi berusia tiga bulan, bahkan ada pula yang sudah nampak saat bayi baru lahir. Meski pada umumnya, gigi bayi akan terlihat saat dia berusia 6 bulan. Biasanya yang tumbuh pertama kali adalah dua gigi bawah paling depan, kemudian diikuti dua gigi atas paling depan, nah pada usia tiga tahun gigi pada bayi akan tumbuh lengkap. 

Tumbuh gigi sangat penting dalam pertumbuhan bayi dan anak. Biasanya beberapa bayi dan anak melewati fase ini tanpa merasakan rasa sakit atau nyeri, namun tak sebaliknya tidak sedikit bayi dan anak yang mengalami kendala seperti rasa sakit dan nyeri. Maka dari itu peran Bunda sangat penting sekali untuk mengendalikan situasi seperti ini. Hal penting yang perlu diingat adalah, meski terkadang anak atau bayi merasa sakit, tumbuh gigi bukan merupakan sebuah penyakit pada bayi. Oleh karena itu Bunda tidak perlu khawatir. Ada berbagai solusi untuk mengatasi rasa sakit karena bayi sedang tumbuh gigi.

Berikut ini cara-cara yang dapat dilakukan untuk mengobati sakit karena bayi sedang tumbuh gigi. 




1. Memijat gusi pada bayi 

Memijat gusi adalah pengobatan yang mudah dan cukup aman untuk dilakukan. Cara ini dapat meredakan rasa sakit atau nyeri yang dialami buah hati pada fase tumbuh gigi. Selain mudah cara ini juga terbilang aman caranya adalah, pijat gusi yang gatal dengan jari atau kain flanel kecil yang bersih. Tekan secara perlahan, maka hal tersebut akan membuat bayi merasa nyaman. Satu hal yang harus diingat adalah pastikan jari-jari yang Bunda gunakan untuk memijat gusi pada bayi benar-benar dalam keadaan bersih dan steril. 



2. Memberikan teether atau teething

Teether atau theeting adalah mainan anak berbentuk lingkaran yang mudah digenggam bayi dan aman dimasukkan ke mulut, asalkan dijaga kebersihannya. Saat bayi tumbuh gigi, ia bisa sejenak melupakan rasa tidak nyaman akibat pertumbuhan itu dengan menggigit-gigit sesuatu. Teether atau minan gigitan bayi adalah pilihan yang tepat, beberapa teether dapat didinginkan lebih dulu di dalam lemari pendingin atau kulkas (bukan freezer), karena meletakkan teether atau theeting pada freezer justru akan membahayakan gusi pada bayi.

Setelah teether atau theeting sudah didinginkan di dalam kulkas, baru kemudian berikan pada bayi agar bayi mengaplikasikanya pada gusi untuk meredakan rasa gatal yang tidak nyaman pada gusi yang baru tumbuh gigi. Teether atau theeting banyak tersedia dalam berbagai merek, bentuk, dan bahan. Pastikan membeli teether dengan label yang menjamin bahwa benda tersebut terbuat dari bahan yang aman untuk bayi. 




3. Beri camilan sehat 

Selain memberikan teether atau theeting pada bayi, Bunda juga bisa memberikan makanan atau cemilan sehat untuk anak dengan syarat jika usia bayi sudah di atas 6 bulan. Sepotong wortel atau apel dapat menjadi pilihan tepat untuk digenggam dan digigit anak. Hindari makanan yang mengandung gula untuk mencegah kerusakan gigi pada anak, seperti memberinya permen, cokelat, gula-gula, dan masih bnayak lagi lainnya, selain itu selalu awasi bayi saat mengkonsumsi makanan agar tidak tersedak. 


4. Mengaplikasikan obat oles 

Ada berbagai jenis obat yang aman digunakan untuk mengurangi rasa sakit karena tumbuh gigi pada bayi. Poin terpenting yang harus diingat sebelum membeli dan menggunakan obat-obatan tersebut adalah untuk berkonsultasi terlebih dahulu kepada dokter.


Itulah keempat tips mengatasi rasa nyeri saat buah hati sedang tumbuh gigi, selamat mencoba. Semoga bermanfaat ya.

Subscribe to receive free email updates:

10 Responses to "Mengatasi Rasa Nyeri pada Bayi Akibat Tumbuh Gigi"

  1. Bagus banget infonya. Awalnya cuma mengerti yg no 1. Ternyata banyak alternatif.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih mbak, semoga bermanfaat ya :)

      Hapus
  2. Info bermanfaat seperti ini penting dishare ke kerabat dan teman. Terima kasih sharingnya Mba

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe iya semoga bermanfaat ya :)

      Hapus
  3. banyak sekali yang harus dilakukan ya kak... kesian dedek bayinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya sih, asal kita melakukannya sesuai aturan maka bayi tidak akan kenapa-kenapa.

      Hapus
  4. Ternyata di pijat juga ya gusi
    Supaya bayi tak rewel mau tumbuh gigi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak, itu salah satu cara mudahnya :)

      Hapus
  5. Balasan
    1. Silahkan mbak, selamat mencoba ya :)

      Hapus