3 Cara Melentikkan Bulu Mata pada Bayi Secara Alami





Baby AE - Untuk Bunda-bunda di rumah yang memiliki bayi dengan bulu mata yang tipis dan pendek, kali ini saya akan memberikan tips untuk melentikkan bulu mata pada bayi secara alami. Cara melentikkan bulu mata pada bayi berbeda sekali dengan melentikkan bulu mata pada orang dewasa ya, Bunda. Bunda harus lebih teliti dah hati-hati dalam melentikkan bulu mata si kecil agar tidak melukai mata pada bayi.

Cara yang umum di lakukan para Bunda di rumah untuk melentikkan bulu mata pada bayi biasannya adalah dengan memotong sedikit ujung bulu mata pada bayi yang di lakukan rutin maksimal sampai 3 kali. Padahal hal tersebut hanya mitos, faktanya menurut medis cara seperti itu hanya akan menyebabkan kemampuan bulu mata si kecil untuk melindungi matanya dari benda-benda asing semakin berkurang. Nah, kali ini saya akan membagi tips cara yang benar melentikkan bulu mata pada bayi menggunakan bahan-bahan alami seperti di bawah ini:




1. Menggunakan Kemiri

Nama Kemiri tentu saja tidak asing lagi ya Bunda, karena umunya di gunakan sebagai bumbu masakan didapur, tetapi kegunaan kemiri tidak hanya untuk bumbu saja melainkan juga bisa digunakan untuk melentikkan bulu mata si kecil. Cara kerja kemiri adalah kemampuannya yang bisa merangsang pertumbuhan rambut. Untuk melentikkan bulu mata si kecil dengan menggunakan kemiri, caranya cukup mudah. Yaitu dengan menyangrai beberapa biji kemiri yang sudah di siapkan. Sangrai sampai biji kemiri mengeluarkan sedikit minyak. Nantinya minyak inilah yang akan dioleskan pada bulu mata si keci. 

Atau jika dirasa cara tersebut terlalu lama, cukup sangrai biji kemiri sampai berwarna kecoklatan, lalu tumbuk. Nantinya akan keluar minyak dari tumbukan ini. Ambil minyaknya lalu oleskan pada bulu mata si kecil




2. Menggunakan Minyak Zaitun

Minyak zaitun umumnya digunakan untuk menebalkan alis, tetapi minyak zaitun juga bisa digunakan untuk melentikkan bulu mata pada bayi loh. Caranya, siapkan terlebih dahulu minyak zaitun sesuai kebutuhan, setelah itu oleskan minyak zaitun secara hati-hati pada bulu mata bayi, lakukan cara tersebut sebelum bayi bunda tertidur agar tidak mengganggu pengelihatannya.





 3. Menggunakan Daun Sirih dan Lidah Buaya

Siapa yang tak tau daun sirih? Selain daun sirih sangat akrab dengan beberapa prosesi budaya, kandungan dari daun ini banyak sekali manfaatnya, salah satunya adalah melentikkan bulu mata pada bayi. Caranya adalah siapkan 2 lembar daun sirih kemudian memarkan, lalu peras daun sampai keluar airnya. Selanjutnya acampur dengan lendir lidah buaya, ambil satu batang lidah buaya, tai harap dicuci terlebih dahulu yaa. Setelahnya potong lidah buaya dan ambil lendirnya. 

Ca,purkan lendir tadi pada air perasan daun sirih, lalu campur jadi satu. Setelah tercampur, oleskan pada bulu mata bayi menggunakan cottonbud untuk mempermudah. Diamkan selama beberapa menit, lalu bilas pakai air hangat. Itulah mengapa sebaiknya praktik melentikkan bulu mata ini ketika bayi sedang tidur, karena butuh waktu beberapa saat untuk mendiamkan beberapa ramuan tadi agar meresap.


Itulah tadi tips melentikkan bulu mata pada bayi dengan menggunakan bahan-bahan alami, semoga bermanfaat. Selamat mencoba di rumah yaa, Bunda. 

Subscribe to receive free email updates:

8 Responses to "3 Cara Melentikkan Bulu Mata pada Bayi Secara Alami"

  1. 3 anaku laki semua ga diapa2in dulu hihihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihi sudah lentik dari sananya ya mbak :)

      Hapus
  2. Klo aku...klo pas mandiin...cuci mukanya disapuin ke atas mba.

    Klo rata2 kan pada kebawah arah tangannya.

    Anak2ku lentik2 kok bulu matanya. Bisa besok dicoba mba

    BalasHapus
  3. waah ternyata daun sirih bisa melintikkan bulu mata yah, noted nih klo punya anak cewek nanti :D

    BalasHapus
  4. Coba pakai yg paling praktis ah, minyak zaitun

    BalasHapus