5 Manfaat Temulawak yang Wajib Diketahui Orang Tua





Baby AE - Setiap daerah mempunyai makanan maupun minuman khas dari daerah tersebut. Bagi kalian yang tinggal di daerah Jawa pasti akan sering menjumpai jamu. Salah satu bahan pembuatan jamu ialah temulawak.

Jamu temulawak mempunyai rasa yang segar sehingga tidak heran banyak masyarakat yang menyukainya. Temulawak sendiri memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Banyak orang yang menyamakan antara temulawak dan kunyit. Padahal jelas-jelas kedua tanaman tersebut berbeda walaupun bentuknya hampir mirip. 

Temulawak merupakan bahan obat tradisional yang telah terkenal dari zaman dahulu. Tanaman yang satu ini biasanya tumbuh di daerah dengan ketinggian 5 meter sampai 750 meter di atas permukaan laut. Temulawak juga dapat mengobati masalah bau badan, menambah nafsu makan, membersihkan darah dari racun dan masih banyak lagi. Untuk itu, tidak heran banyak orang yang mengonsumsinya sebagai obat tradisonal.

Selain beberapa manfaat tersebut, berikut ini 5 manfaat temulawak yang jarang diketahui oleh orang banyak.



1. Mengobati demam 
Salah satu manfaat temulawak yaitu dapat mengobati penyakit demam. Biasanya si kecil akan mudah sekali terkena demam, apalagi musim sekarang ini yang selalu berubah-ubah. Kalau si kecil sudah terkena demam dan tak kunjung turun, pasti ibu akan bingung bagaimana bisa menurunkan demamnya. Tidak perlu khawatir, karena temulawak juga bisa mengobati demam. Ibu dapat membuat jamu temulawak lalu berikan pada anak yang sedang demam.

2. Menyembuhkan flu burung 
Siapa yang akan mengira kalau temulawak dapat menyembuhkan penyakit flu burung yang beberapa tahun lalu pernah menjadi trending topik di Indonesia. Universitas Airlangga Surabaya telah melakukan penelitian dan menemukan curcumin yang terkandung dalam temulawak dapat menurunkan kadar sitotoksin. Saat seseorang terkena penyakit flu burung, maka akan mengalami kenaikan sitotoksin yang berpotensi dapat merusak sel penderitanya.

Dengan mengonsumsi temulawak, akan membantu mengurangi kadar sitoksin dalam tubuh penderita flu burung. Meskipun terlihat sepele, ternyata temulawak manfaatnya sangat berharga yaa.

3. Menjadi penangkal virus dan kuman 
Kekebalan tubuh merupakan peranan yang sangat penting dalam menjaga kesehatan tubuh. Jika tubuh memiliki sistem imun yang baik maka tubuh kita tidak akan mudah terserang virus dan kuman. Temulawak merupakan ramual herbal yang jitu untuk menjadi penangkal virus dan kuman. Di dalam temulawak terdapat senyawa yang bersifat imonustimulan yang akan bekerja melindungi tubuh dari kuman maupun virus yang berbahaya. Dan juga akan memperkuat sistem kekebalan tubuh.


4. Menghilangkan nyeri 
Nyeri merupakan salah satu masalah penyakit yang sering dijumpai. Ternyata nyeri tidak hanya sakit pada bagian tertentu saja, tapi nyeri juga kadang dibarengi dengan peradangan, pusing kepala dan lainnya. Tapi, bagi kalian yang sering nyeri tidak perlu khawatir karena temulawak juga dapat untuk menghilangkan masalah nyeri ini. Di dalam temulawak terdapat zat analgesik yang mampu mengurangi nyeri secara efektif. 

 5. Meningkatkan stamina 
Manfaat lain temulawak yaitu dapat meningkatkan stamina tubuh. Dengan mengonsumsi temulawak badan akan kembali menjadi bersemangat dan tidak mudah capek. Hal tersebut dikarenakan temulawak mempunyai tonikum yang dapat mencegah tubuh mudah lelah. Buat para orang tua yang disibukkan dengan aktivitas/ pekerjaan rumah. Boleh nih minum temulawak untuk mengembalikan energi yang terkuras.

Bagi para orang tua, sekarang tidak perlu repot lagi membuat ramuan temulawak. Kita bisa mengonsumsi sari temulawak dari Herbadrink. Herbadrink Sari Temulawak dipercaya bisa mengatasi masalah kesehatan yang sering terjadi di dalam tubuh.


Herbadrink dikemas dengan higienis dan juga bersih lho. Apalagi sudah dikemas dalam bentuk bubuk yang memudahkan kita untuk membuat sari temulawak. Tinggal seduh satu sachet Herbadrink Sari Temu Lawak dengan satu gelas air hangat, maka ramuan herbal temulawak sudah bisa dinikmati.


Dalam Herbadrink sari temulawak tidak ada endapan seperti kalau kita membeli jamu. Karena Herbadrink Sari Temulawak diproses  menggunakan mesin-mesin yang canggih dan juga modern sehingga dikemas dengan baik dan tidak meninggalkan ampas/ endapan saat diseduh. Gimana? Apa kalian sudah mencoba Herbadrink Sari Temulawak ini?

Oh ya, tidak hanya ada Herbadrink Sari Temulawak saja, namun juga ada Herbadrink Sari Jahe dan Herbadrink Lidah Buaya. Tinggal pilih mana yang ingin dinikmati, semuanya punya manfaat tersendiri.

Semoga informasi ini bermanfaat bagi kita semua. Share pengalaman kalian mengenai Herbadrink ini di kolom komentar yuk! ^^



Subscribe to receive free email updates:

35 Responses to "5 Manfaat Temulawak yang Wajib Diketahui Orang Tua"

  1. Yups,betul sekali kalau khasiat temulawak mampu menjaga tubuh selalu fit, tidak mudah lemas.
    Hebat ya , negara kita dilimpahi banyak tanaman rempah berkhasiat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mas, kita sebagai masyarakat juga harus bisa melestarikan dan memanfaatkannya dengan baik :)

      Hapus
  2. Wah bermanfaat banget temulawak bagi anak ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, temulawak itu memang bermanfaat untuk semua kalangan mbak. Baik anak-anak sampai yang tua.

      Hapus
  3. dari dulu temulawak sangat manjur dijadikan obat obatan herbal oleh para leluhur kita. bangga jadi indonesia

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul banget tuh mas, maka dari itu kita uga harus bisa melestarikan dan juga memanfaatkannya dengan baik dan benar. :)

      Hapus
    2. Dari kecil ak juga sering diajarin untuk minum yang seperti itu, agar kebal dari virus yang mengganggu

      Hapus
  4. Untuk menjaga kondisi badan suamiku yang banyak aktivitas dan kurang istirahat, dia sering kusediakan minuman temulawak gini. Kalau harus potong2 dan seduh temulawak asli susah dan repot. Makanya ada Herbadrink ini jadi gampang banget, tinggal seduh aja.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul banget tuh mbak, manfaat dan khasiatnya juga sama kok :)

      Hapus
  5. wah...baru tau deh….nambah wawasan
    Thank you for sharing

    BalasHapus
  6. Terima kasih Mba, aku malah baru tahu khasiatnya, mau beli temulawak seperti Mba Anisa juga ah,biar fit badanku juga :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihi iya mbak biar badan kita sama-sama sehat-nya :)

      Hapus
  7. Ternyata banyak ya manfaatnya, enak udah ada versi praktisnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak, memudahkan kita yang ingin hidup sehat :)

      Hapus
  8. eh ini ada kemasan sachetnya tah mbak? aku baru tau nih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak, mudah juga loh untuk dibawa kemana-mana :)

      Hapus
  9. semakin mudah utk hidup sehat

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak, sekarang sudah banyak inovasi-inovasi produk yang aman dan sehat yang lebih praktis.

      Hapus
  10. Wah bermanfaat sekali mbak infonya

    BalasHapus
  11. Nomor satu anak saya, seringkali dia demam. gampang banget demam dia setelah beraktifitas di luar.

    kalau nomor lima itu saya, suka gampang lelah pas lagi kerja. Jadi penasaran sama herbadrink temulawak ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, silahkan dicoba mas. Siapa tau dengan meminum Herbadrink kekebalan tubuh anaknya semain baik :)

      Hapus
  12. Wah.. Ternyata banyak juga ya manfaat temulawak. Kayaknya harus dicoba untuk menambah stamina. Dimana saya sering kelelahan saat pulang kerja.

    Terimakasih informasinya mbak.
    Salam hangat dari Bondowoso..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya tuh mas, harus dicoba. Apalagi dicuaca yang tidak menentu seperti ini.

      Hapus
  13. terimakasih atas ulasannya mb, kebetulan tuh dirumah banyak temulawak tapi blm trau cara memanfaatkannya

    BalasHapus
  14. Hebat banget khasiat temulawak ya mbak?
    Makasih mbak Anusa info nya jadi pingin beli temulawak kemasan sachet ini.

    BalasHapus
  15. Banyak sekali manfaat temulawak ya mba

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak, maka dari itu kita juga harus memanfaatkannya :)

      Hapus
  16. Kupikir temulawak cma bikin gemuk doang loh mba, ternyata bnyk bgt ya manfaatnya, apalagi skrg ada yg sachetan, makin praktis deh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihi iya dong mbak, sekarang untuk menuju sehat sudah semakin mudah :)

      Hapus
  17. Waa temulawak ada yg kemasan praktis gini. Coba cari aahhh

    BalasHapus