9 Barang Bawaan untuk Menjenguk Bayi




Anisa AE - Setiap bulan pasti ada saja saudara atau tetangga yang mempunyai anggota keluarga baru. Bayi kecil yang akan menyemarakkan rumah mereka dengan tangis dan tawa. Tentunya kita sebagai tetangga juga akan ikut bahagia menyambut kehadiran si kecil. Berkunjung ke sana dengan membawa bingkisan untuk si kecil.

Terkadang kita juga bingung mau dibawakan apa. Apalagi dengan budget yang pas-pasan. Bisa dibilang ini adalah moment pusing dalam memilihkan bingkisan untuk si kecil. Takut diomongin tetangga juga kalau bawaannya tidak pantas.

Saya punya beberapa list yang bisa dijadikan alternatif untuk bingkisan si kecil. Pastinya harus menyesuaikan dengan kondisi dompet kita, ya?

1. Peralatan Mandi
Ini biasanya umum diberikan oleh dan untuk masyarakat desa. Isinya pun beragam. Ada yang hanya sabun cuci baju dan sabun mandi bayi, ada juga yang super lengkap.Biasanya dua sabun cuci, dua sabun mandi, dan satu softener. Bisa juga ditambah dengan handuk kecil. Biasanya ada merk tertentu yang menyediakan dalam satu paket kecil, namun isinya lengkap.
Perkiraan : 50-100 ribu.

2. Perlengkapan Tidur
Bantal tidur bayi biasanya satu paket dengan guling. Bisa ditambah dengan tudung bayi, perlak, selimut, dan baju hangat.
Perkiraan : 200-300 ribu.



3. Tas Bayi
Ini lebih simple. Banyak sekali pilihan tas yang bisa dibawa untuk bingkisan si kecil. Selain terlihat elegan, gak semuanya kepikiran membawakan ini. Pastinya tas bayi itu besar dan banyak sakunya. Ada juga yang dilengkapi dengan tempat minum, bisa membuat susu lebih lama hangatnya.
Perkiraan : 150-300 ribu

4. Baju bayi
Baju bayi juga bisa menjadi alternatif. Bisa memilih piyama atau baju hangat. Pastinya memilih dengan ukuran yang lebih besar karena bayi cepat sekali tumbuhnya. Untuk bayi baru lahir, bisa dipilih baju usia 6 bulan atau satu tahun. Antisipasi jika bayi tumbuh lebih cepat. Saya tidak menyarankan untuk memberi bedong, grito, dan baju bayi baru lahir karena biasanya orang tua si bayi telah membeli lebih awal.
Perkiraan : 50-100 ribu

5. Pernak-pernik bayi
Ini banyak sekali yang bisa dijadikan pilihan. Misalnya saja topi bayi yang satu paket dengan kaos kaki, sepatu rajut bayi, dot bayi, bando dan jepit rambut mungil (untuk anak perempuan).
Perkiraan : 50 ribu.

6. Mainan bayi
Eh, siapa bilang bayi belum bisa bermain? Kita bisa memberi mainan yang bisa merangsang tumbuh kembangnya. Misalnya kerincingan, gigit-gigitan bayi, mainan yang keluar musiknya jika diputar, buku bantal, buku bayi, dan lainnya.
Perkiraan : 50 ribu.

7.  Diapers
Banyak yang berpikiran bahwa diapers ini tidak perlu kita beli. Namun, ini bisa dijadikan alternatif juga lho. Untuk diapers, pastinya kita pilih ukuran S karena bayi pasti butuh yang ini. Apalagi jika sering diajak bepergian oleh orang tua. Kita bisa memilih yang isi sedikit atau banyak.
Perkiraan : 20-70 ribu.

8. Gendongan bayi
Saat ini banyak produsen yang membuat bermacam-macam gendongan bayi. Mulai dari yang ribet, sampai yang instan tinggal pakai. Untuk orang desa, masih nyaman memakai selendang bayi. Orang kota dengan gendongan instan. Kalau saya sih semuanya oke, namun lebih memilih gendongan bayi modern yang dililitkan ke tubuh. Tidak simple, namun aman dan hangat untuk si kecil.
Perkiraan : 50-200 ribu.

9. Uang
Ini lebih simple lagi. Tak perlu capek nyari barang ke pasar ataupun bingung memilih. Tentunya ini buat si ibu agar bisa membeli kebutuhan apa yang belum terbeli untuk si kecil. Bisa menyesuaikan dengan dompet kita banget dan tidak berat. Hehehe.

Yup, itu dia 9 barang yang bisa kita bawa jika mengunjungi tetangga/keluarga yang baru saja melahirkan. Perkiraan harga di atas adalah biasanya saya beli di pasar tradisional. Soalnya di sini tidak ada mall. Hehehe. Mungkin ada yang mau menambahkah juga?

Jangan lupa follow blogku dan tinggalkan G+, ya? Kalo info ini bermanfaat buat kamu. Bisa juga follow twitter @anis_sa_ae biar dapat update info tiap hari. ^^v

Subscribe to receive free email updates:

16 Responses to "9 Barang Bawaan untuk Menjenguk Bayi"

  1. Tampilan blog MU keren Nis... #like

    BalasHapus
  2. biasanya sih orang tua saya suka memberi uang langsung dalam amplop (gatauisinyaberapa) di tambah dengan mainan bayi :)

    BalasHapus
  3. Itu photo asma apa ilmi? Kok ada mirip dek paksi waktu baby...klo di photo melotot gt matanya

    BalasHapus
  4. Kado yg menurut saya manfaat banget adalah kursi mandi bayi. Dengan ini saya bisa mandiin bayi saya sendiri sejak dia umur beberapa minggu. Aah suka pokoknya hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Xixixix, saya juga mau kalo dikado itu :D

      Hapus
  5. Aku paling seneng ngasih mentahnya aja. Soalnya kan si ibu yang paling tau kebutuhan bayinya, biarin deh jajan sendiri. hihihihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Xixixi, mau juga Mbak kalo dikasih mentahnya ;D

      Hapus
  6. Saya paling bingung kalau jenguk bayi bawa apa. Haha. Kalau mau beli baji gendongan takutnya udah banyak. Mungkin diapers yak...kan pasti kepakenya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Diapers pasti kepake Mbak :D Uang juga. Xixix

      Hapus
  7. Aku kalo nengok bayi selalu ngasih duit sekarang, biar yang dikasih ngatur sendiri duitnya buat apa, Nis

    BalasHapus
  8. bair nengok bayi ga cuma bawa badan aja nih hehe

    BalasHapus