8 Bagian yang Wajib Dicek Saat Service Motor


Baby AE - Motor menjadi kendaraan paling efektif untuk bepergian dalam kehidupan sehari-hari. Lebih dominan orang yang memilih kendaraan satu ini untuk berangkat kerja, pergi keluar dengan jarak dekat, dan lainnya. Penggunaan rutin motor membuat kendaraan yang satu ini membutuhkan servis pula agar tetap penuh stamina saat digunakan untuk berkendara. Dengan begitu, kegiatan sehari-hari lebih aman dan nyaman.

Servis motor sendiri adalah pemeriksaan kondisi motor yang dilakukan secara rutin, biasanya dilakukan ketika motor telah mencapai jarak tempuh tertentu. Dalam hal ini, bagian yang sering diperiksa meliputi saluran bahan bakar, keadaan mesin, rem, oli mesin, oli gardan, ban, rem, gas tangan, dan masih banyak lagi. Nah, untuk mengetahui lebih jelasnya Sobat perlu melakukan servis motor, yuk kepoin apa saja bagian yang perlu diperiksa saat servis motor!

1. Oli mesin

Di urutan pertama oli mesin yang memiliki fungsi sebagai pelumas, pelindung mesin, serta pendingin. Saat oli habis atau kotor tentu perlu diganti secara rutin sesuai jarak tempuh yang dicapai. Perlu diketahui, apabila rata-rata pabrik menyarankan penggantian di 2500 Km. Umumnya, biaya yang perlu dibayar mencakup biaya pembelian oli motor matic bergantung pada mereknya serta biaya jasa ganti olinya.

Namun, belakangan ini sudah ada pabrik atau retail otomotis yang memberikan rekomendasi penggantian oli hingga jarak tempuh 5000 Km atau dua kali lebih lama dari oli biasa. Hal tersebut karena oli mereka sudah memanfaatkan teknologi ester. Jadi, tidak perlu heran apabila pabrik tersebut mengakui bisa dua kali lebih kama dari oli biasa karena memang oli tertinggi di kelas, yaitu base oil.


2. Oli Gardan

Sebagai pengguna motor matic tentu paham apabila diperlukan penggantian oli gardan secara rutin. Oli Gardan sendiri berfungsi untuk melumasi gear yang terdapat pada CVT (Continuously Variale Transmission). Untuk waktu penggantiannya tidak sama dengan oli mesin, tetapi dua kali ganti oli mesin, baru setelahnya dibarengi dengan satu kali ganti oli gardan.

3. Busi

Pasti tahu yang satu ini merupakan bagian kecil yang penting dalam motor, yaitu berrfungsi untuk mengubah aliran listrik koil menjadi percikan api. Dengan begitu, mesin bisa menyala dengan baik. Apabila busi tidak berfungsi dengan baik berarti maka akan membuat motor sulit menyala. Oleh karena itu, perlu mengganti busi tepat waktu.

4. Kampas rem

Bagian motor yang satu ini penting untuk keamanan serta keselamatan saat berkendara, maka dari itu penting untuk diperhatikan. Kampas rem menjadi salah satu bagian motor yang besar serta memiliki pengaruhnya pada keselamatan mengingat fungsinya dalam sistem pengereman. Apabila kampas rem sudah tipis, maka rem akan menjadi kurang pakem serta bisa menyebabkan bahaya kecelakaan tersebut. Hal ini menjadi alasan penting keadaan kampas rem harus selalu diperiksa ketika melakukan servis motor.

5. Filter udara

Filter udara memilikii fungsi sebagai penyaring udara yang masuk ke ruang pembakaran agar tidak sampai terdapat kotoran yang masuk. Kotoran yang masuk isa menyumbat sistem injeksi serta karburator. Umumnya, pengecekan akan dilakukan terlebih dulu sebelum mekanik menentukan apakah filter udara masih bisa dibersihkan atau perlu diganti.

6. Aki atau Accu

Informasi penting untuk para pengguna motor, idealnya tegangan pada aki adalah 12,3-12,6 volt dalam keadaan mesin mati, saat mesin menyala maka tegangan aki ada di 13,7-14,2 volt. Nah, apabila tegangan aki tidak sesuai ketentuan, mungkin ada kebocoran atau keadaan terminal berkarat, maka mekanik perlu melakukan pemeriksaan detail. Keadaan aku yang tidak layak tentu perlu diganti segara agar saat berkendara nyaman.

7. Ban

Ban menjadi bagian penting yang perlu diperiksa secara berkala. Maka dai itu, seharusnya Anda melakukan pemeriksaan keadaan ban terlebih dulu sebelum menggunakan servis motor. Saat servis motor, mekanik akan fokus memeriksa tekanan udara dalam ban, keadaan ban secara menyeluruh. 

8. Tune up Motor Rutin

Terakhir, tapi tak kalah penting adalah tune up, yaitu servis rutin yang mencakup pengecekan pada semua komponen,k terleih pada komponen yang bergaian dengan performa motor secara keseluruhan. Pengecekan ini fokus pada tekanan ban, keadaan lampu, membersihkan saringan udara atau karburator, mengecek tegangan rantai, rem, dan klakson. Kadang kala tune up juga dilengkapi dengan ganti oli mesin, oli gardan, maupun penggantian sparepart. Akan tetapi, Anda tidak perlu khawatir karena mekanik akan memerikan informasi terlebih dahulu pada Anda apabila dibutuhkan perbaikan.

Bengkel Servis Motor Terbaik

Apabila Anda ingin memperoleh servis motor yang bagus maka cari bengkel servis motor yang bagus. Bengkel yang direkomendasikan serta bisa diandalkan untuk Anda ada Planet Ban. Di Planet Ban Anda bisa mendapatkan servis motor rasa mesin baru. Servis motor rasa baru merupakan dengan sistem servis terpadu yang bertujuan melakukan jenis servis motor untuk meningkatkan performa serta ketahanan motor dengan cara cepat serta biaya lebih hemat. Servis ini fokus pada pengecekan dan perbaikan pada bagian vital yang letaknya tersembunyi serta jarang diservis, termasuk jarang diperiksa dan disetel secara rutin.

Manfaat Melakukan Servis di Planet Ban

  • Memanfaatkan oli serta cairan khusus yang berteknologi tinggi sehingga bisa meningkatkan performa motor serta melindungi mesin. Dengan begitu, mesin menjadi lebih awet dan tahan lama.
  • Apabila dipadukan dengan penggunaan sparepart asli, maka penggunaannya menjadi lebih nyaman, tahan lama, mesin tetap dingin, serta tarikannya lebih ringan.
  • Mengganti oli cukup saat mencapai jarak tempuh 5000 Km saja, yaitu antara 4-6 bulan sekali. Sehingga Anda tidak perlu sering ke bengkel dan biaya servis jauh lebih hemat.
  • Anda bisa ikut memelihara serta menjaga lingkungan hidup karena emisi serta polusi dari motor berkurang.

Perbedaan Servis Motor di Planet Ban dengan Tempat Lain

Biasanya saat melakukan servis di tempat lain akan ada kotoran, debu, serta sisa pembakaran yang tertinggal di bagian tertentu dari mesinh motor. Sering kali dijumpai kotoran serta debu di blok CVT yang membuat motor terasa berat. 

Berbeda dengan saat melakukan servis motor rutin di Planet Ban, seluruh bagian meesin akann dibersihkan sampai seperti baru. Mulai dari blok CVT, kepala silinder, throttle body, piston, klep mesin. Bisa dipastikan semuanya bersih tanpa sisa pembakaran, debu, dan kotoran yang membuat mesin terasa baru.

Servis motor di Planeet Ban akan membuat motor Anda terasa baru, hasilnya pun tarikan menjadi lebih ringan, emisi turun lebih dari 70%, BBM lebih hemat, serta mesin jadi bersih. Harga servis motor di planet ban pun lengkap dan harganya terjangkau. Untuk servis motor injeksi hanya Rp 20.000, servis CVT dan rantainya Rp 19.500, serta servis throttle body hanya Rp 20.000.

Demikianlah 8 hal yang perlu diperhatikan sebelum servis motor, setelah mengetahuinya tentu Anda perlu melakukan pemeriksaan rutin untuk motor. Dengan begitu, Anda akan mengetahui bagian mana yang perlu diservis. Apalagi setelah mengenal Planet Ban yang menyediakan servis motor dengan layanan terbaik sehingga motor terasa baru, tentu tidak akan melewatkan servis rutin lagi.

Subscribe to receive free email updates:

5 Responses to "8 Bagian yang Wajib Dicek Saat Service Motor"

  1. Wah..asyik ni klo servisnya tidak lagi per 2500km, tapi 5000 km. Bisa hemat biaya servis

    BalasHapus
  2. Aku pernah kelupaan ganti oli... nyaris kering olinya. Setelah itu kapok, trus jadi lebih tertib servis rutinnya. Enak ya sekarang ada planet ban...layanannya banyak. Tak kira dulu cuma bisa ganti ban aja di sana, ternyata servis pun bisa...

    BalasHapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  4. Aku suka ganti ban di planet Ban, pakai mesin khusus, jadi velg aman tidak banyak lecet

    BalasHapus
  5. Aku pikir Planet Ban cuma buat ganti ban saja, ternyata bisa servis motor juga & ganti oli.
    Boleh dicoba

    BalasHapus