Sikap Orang Tua yang Membuat Anak Tumbuh Menjadi Introvert


Baby AE - Karakter anak yang terbentuk sering dianggap sikap bawaan dari lahir atau faktor genetik. Hal itu terjadi pada sifat introvert, ekstrovert, dan ambivert yang sering dianggap dari faktor genetik atau bawaan orang tua. Faktanya, ada beberapa hal yang menjadi penyebab anak tumbuh serta berkembang menjadi kepribadian tertentu, salah satunya introvert.

Introvert sendiri adalah sikap tertutup serta pemalu yang dimiliki seseorang. Pemilik kepribadian ini akan lebih sering menyendiri, menerikmati kesendirian, dan cenderung pendiam. Umumnya, mereka lebih fokus pada diri sendri serta pikiranya, tidak suka ada di suasana yang ramai apalagi bertemu berbagai orang. 

Walaupun suka menyendiri, tidak berarti mereka merasa kesepian. Hanya saja mereka menikmati kesendirian dan baik-baik saja dengan hal itu. Hal ini bisa dipengaruhi oleh sikap serta pola asuh dari orang tua. Ada beberapa sikap serta pola asuh yang memengaruhi kepribadian anak, bahkan membentuk sikap ekstrovert atau introvert mereka.


Sebagai orang tua tentu memiliki peranan penting dalam kehidupan anak, bahkan mempengaruhi hormon dopamin dalam diri mereka. Di mana pola asuh yang negatif dari orang tua ke anak serta tidak memberikan kepercayaan lebih pada mereka membuat anak nyaman sendiri. Apabila hal tersebut terjadi secara berkepanjangan, tentu akan meningkatkan risiko anak menjadi pribadi introvert.

Nah, ada beberapa sikap orang tua yang akan membuat anak menjadi pribadi introvert bahkan merasa tidak nyaman. Bisa dikatakan, sikap ini bisa memperparah kepribadian introvert dalam diri anak. Berikut beberapa sikap orang tua yang membuat anak tumbuh menjadi pribadi introvert:

  1. Memaksa anak mengerjakan apa yang orang tua inginkan tanpa meminta pendapat mereka, bahkan tidak ada kasih sayang dalam memintanya.
  2. Niatnya mengajak anak, tetapi berakhir berlebihan sehingga anak tidak bahagia, malah membuat anak rentan marah serta kecewa.
  3. Memaksa anak tampil di depan umum, walau orang tua bangga dengan hal itu, tetapi anak akan merasa tidak nyaman. Bisa saja mereka malah membenci tampil di depan banyak orang.
  4. Meminta anak berbicara di waktu yang tidak tepat, misalnya meminta mereka bercerita saat lelah dan ingin menyendiri. 
  5. Membuat abak mempunyai kegiatan yang terlalu padat untuk meningkatkan kemampuan akademik maupun non akademik.

Itulah penyebab anak tumbuh menjadi pribadi introvert, sehingga diperlukan pengertian dan perhatian lebih orang tua terhadap anak. Moms perlu memulai pendekatan secara perlahan dan mulai mengenali kepribadian anak. Sudahkah Moms mengenali kepribadian anak?

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Sikap Orang Tua yang Membuat Anak Tumbuh Menjadi Introvert"

Posting Komentar