5 Penyebab Paru-Paru Bayi Dipenuhi Lendir


Baby AE - Di pancaroba seperti searang banyak ditemui keadaan di mana pernapasan tidak nyaman, hal ini sering dialami oleh si kecil. Sebab, produk di lendir meningkat sebagai tanda tubuh sedang melawan kuman. Rasa tidak nyaman itulah yang akan membuat laju pernapasan si kecil lebih cepat. Tentunya, hal ini akan bertambah parah seiring banyaknya lendir di paru-paru.

Tak bisa dipungkiri, bayi juga akann menghirup asap, polutan, virus juga membawa serta zat iritan lainnya. Akibatnya, saat tubuh si kecil memproduksi lendir lebih banyak di hidung serta saluran pernapasan guna mencegah masuknya asap dan lainnya, kemudian mengeluarkan iritan itu.

Hal yang perlu dikhawatirkann adalah rentannya infeksi pada bayi karena saluran hidung serta saluran udara kecil. Apalagi paparan yang lama pada perubahan cuaca serta bisa memicu produksi lendir lebih banyak, bahkan hidung tersumbat. Ada beberapa hal yang bisa menjadi penyebab lendir paru-paru si kecil, antara lain:

1. Sistem imun lemah

Di musim yang berubah-ubah seperti sekarang, ada kemungkinan sistem kekebalan tubuh melemah sehingga berisiko sakit. Tidak bisa dimungkiri apabila si kecil rentan mengalami flu serta demam tinggi sehingga lendir akan menumpuk di saluran pernapasan.

2. Flu

Flu menjadi penyebab utama terbentuknya lendir, karena si kecil belum memahami cara mengeluarkan lendir dari dalam saluran pernapasannya. Sehingga rentan bagi terjadinya penumpukan lendir sampai si kecil mengalami sesak di dada.

3. Lahir prematur

Dengan kelahiran prematur, biasanya si kecil mempunyai sistem imunitas yang lemah ataupun kurang berkembang. Bahkan, paru-paru mereka lebih lemah sehingga si kecil memiliki risiko lebih tinggi mengalami penumpukan lendir sampai dadanya terasa sesak.

4. Iritasi

Lingkungan sangat memengaruhi kesehatan si kecil, apalagi di usianya terpapar asap rokok, asap masakan, serta asap kendaraan bisa mengganggu sistem pernapasan pada bayi. Hal ini juga bisa diturunkan dari ibu ke bayi, sehingga si kecil memiliki alergi terhadap asap tersebut.

5. Reaksi alergi

Alergi bisa diturunkan dari orang tua atau bawaan dari bayi sendiri. Hal ini bisa dikarenakan alergen terhadap virus atau bakteri tertentu yang dapat menyebabkan batuk. Biasanya alergi tersebut dipicu oleh kedekatan si kecil dengan seseorang yang alergi.

Demikianlah lima penyebab paru-paru bayi mengalami penumpukan lendir. Penumpukan lendir sendiri mengakibatkan sesak di dada, rasa tidak nyaman di saluran pernapasan, dan lainnya yang berbahaya untuk si kecil. Maka dari itu, Moms perlu memperhatikan saat si kecil mulai mengalami pilek dan merasa tidak nyaman di saluran pernapasan. Pernahkah Moms menemui situasi ini dan bagaimana cara Moms mengatasinya?

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "5 Penyebab Paru-Paru Bayi Dipenuhi Lendir"

Posting Komentar