5 Kiat Menjadi Ibu Rumah Tangga di Era Modern, Moms Wajib Terapkan!


Baby AE - Di era digital kehidupan sudah berbeda dari yang dulu, sering kali saat Moms terlontar kata membandingkan diri Moms dan anak yang sudah berbeda generasi, tentu berbeda pula cara hidupnya. Terlebih sekarang sudah zamannya gadget, di mana hampir semua kegiatan bisa dilakukan dari ponsel. Hal ini juga bisaberdampak buruk pada anak, di mana mereka akan kecanduan bermain gadget. Maka dari itu, di era modern ini Moms harus pandai-pandai menyesuaikan dan menerapkan parenting pada anak.

Mengurus rumah sekaligus keluarga sendiri bukan tugas yang mudah bagi Moms, apalagi sebagai seorang ibu pastinya mempunyai peran yang sangat penting dalam hal ini. Seperti memastikan suami serta anak mendapatkan makanan sehat dan bergizi, hingga mengurus rumah yang ditinggali agar tetap nyaman. Di sisi lain, Moms juga membutuhkan me time untuk merawat diri dan beristirahat. Nah, ada beberapa tips yang bisa Moms terapkan untuk menyeimbangkan antara semuanya, nih!


1.Mengurus rumah dan keluarga

Saat baru memasuki dunia pernikahan, tentu Moms harus beradaptasi dalam mengurus rumah dan keluarga. Kemungkinan akan kebingungan dan berantakan saat pertama kali, tetapi untuk selanjutnya Moms bisa mulai mengatur waktu untuk mengurus rumah dan keluarga. Ada baiknya menyesuaikan dengan kegiatan keluarga seperti kapan si suami pergi bekerja, kapan anak harus dibangunkan untuk sekolah, hingga jam makan malam bersama. 

Setelah itu, Moms perlu mengatur kegiatan Moms sendiri mulai dari masak untuk sarapan, bersih-bersih dapur, mengurus anak, memasak makan siang, dan lainnya. Kini pun kegiatan itu bisa dibantu dengan kecanggihan teknologi seperti mesin cuci, vacuum cleaner, serta rice cooker sehingga Moms tidak kelelahan.

2.Menyiapkan makanan sehat serta bergizi

Makanan menjadi masalah sehari-hari yang memicu konflik, karena saat ditanya pasti anggota akan menjawab dengan kata ‘terserah’. Namun, saat masakan tidak cocok maka tercetuslah berbagai kalimat pedas dan omelan dari mereka. Hemm, kalau ini memang perlu bersabar, tetapi Moms juga perlu menyiasati dengan mengetahui apa yang disukai dan tidak disukai oleh keluarga. Setelah itu, pertimbangkan pula gizi dalam makanan tersebut, usahakan tetap mempertahankan makanan 4 sehat 5 sempurna.

3.Menyempatkan waktu untuk anak

Anak juga menjadi tanggung jawab Moms pastinya apalagi saat masih kecil. Kegiatan mulai dari bangun tidur, menyikat gigi, mandi, mengenakan pakaian, makan makanan bergizi, dan lainnya harus dihandle olehh Moms. Terlebih saat anak menginjak bangku sekolah, tentu tugas Moms double dalam mengurus anak dan memulai parenting karena anak bertemu dengan orang banyak dan perlu beradaptasi dengan lingkungan baru.

4.Menghabiskan waktu bersama suami

Tak hanya dengan anak, tetapi Moms juga harus menghabiskan waktu bersama suami. Setelah pulang bekerja, tentu suami lelah dan sudah menjadi kewajiban istri untuk mengurus dan memanjakannya. Maka dari itu, saat bertemu di sore atau malam hari usahakan untuk mmenjalin komunikasi dan kemesraan dengan baik.


5.Mengelola keuangan keluarga

Tak lupa pula peran Moms sebagai ibu rumah tangga juga bertanggung jawab atas keuangan keluarga. Pastinya, nafkah suami akan jatuh ke tangan istri agar dibelanjakan untuk kebuttuhan selama satu bulan. Maka dari itu, Moms bertugas menyesuaikan pendapatan dengan pengeluaran belanja serta merencanakannya dengan baik.

Demikianlah 5 tugas Moms sebagai ibu rumah tangga yang kadang terasa berat karena harus mengurus semuanya. Akan tetapi, Moms bisa menyiasati agar tetap bahagia dengan meluangkan waktu untuk me time, pastinya dukungan suami juga dibutuhkan. Bagaimana nih pengalaman Moms selama mengurus rumah tangga dan keluarga?

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "5 Kiat Menjadi Ibu Rumah Tangga di Era Modern, Moms Wajib Terapkan!"

Posting Komentar