Tips Mendidik Anak agar Tetap Cerdas di Era Digital


Baby AE - Di era digital seperti sekarang kecanggihan benda elektronik seperti gadget menjadi dilema tersendiri bagi para orang tua. Lantaran kecanduan anak akan ponsel membawa pengaruh buruk baginya nanti, akan tetapi di masa sekarang juga dituntut untuk mengenal ponsel bahkan keterampilan di bidang IT sangat penting di masa depan.
Pastinya banyak orang tua yang ingin anak menjadi pribadi yang cerdas sehingga bisa bersaing di dunia digital yang ketat ini. Pasalnya saat sudah mengenal ponsel mereka akan kehilangan kendali dan lupa waktu saat menggunakan ponsel tersebut. Fenomena yang disebut kecanduan gadget ini banyak dialami oleh anak-anak. Maka dari itu, Moms perlu mengajarkan pada anak agar bisa berkembang di era digital, berikut tipsnya:


1.Mengajarkan anak untuk manajemen waktu sejak dini

Cara terbaik untuk membuat anak tumbuh cerdas serta fokus adalah mengajarinya mengatur waktu sejak kecil, apalagi saat anak sudah mulai mengenal ponsel. Apabila anak sudah kecanduan ponsel, beri mereka pemahaman apabila penggunaan ponsel terlalu sering juga bisa menghilangkann hal yang menyenangkan lainnya seperti bermain ke taman, bermain bersama teman, dan lainnya.

2.Menjelaskan tentang tujuan penggunaan ponsel

Fakta yang kita ketahui, aplikasi serta video di ponsel memang dirancang dengan sedemikian rupa agar anak terpikat dan terus menonton. Tentunya, anak perlu tahu tentang motif perusahaan game maupun jejaring sosial ini. Walaupun  aplikasi maupun video tersebut dijual untuk kesenangan dan koneksi, tetapi anak bisa kehilangan banyak hal berharga karena itu. Sebagai orang tua pun perlu membuat aturan tentang gadget.

3.Mengajak anak untuk mengatur waktu sendiri

Sebagai orang tua tentunya perlu membuat kesepakatan dengan anak sehubungan dengan manajemen waktu bermainn ponsel dan melakukan kegiatan lainnya. Apabila mereka sendiri yang membuatnya tentu akan bertanggung jawab atas peraturan itu sendiri.


4.Berdiskusi dengan anak

Terakhir, tetapi tidak kalah penting adalah tetap melibatkan anak dalam setiap obrolan serta membantu anak menetapkan aturan. Lantaran, anak akan marah saat orang tua memberlakukan batasan tanpa mendengarkan keinginannya, anak pun berpotensi untuk berbohong dalam hal ini.

Itulah 4 cara mendidik anak di era digital, jangan sampai salah dengan para generasi ini bisa berakibat buruk kalau sampai salah parenting, nih, Moms. Banyak dari orang tua yang awalnya tidak sempat mengasuh anak dan memberikannya ponsel, akan tetapi begitu anak kecanduan ponsel malah marah bahkan bersikap kasar. Hemm, jangann sampai terjadi yang seperti ini. Nah, kalau Moms mengatasi anak yang enggak bisa lepas dari ponsel gimana caranya?

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tips Mendidik Anak agar Tetap Cerdas di Era Digital"

Posting Komentar