5 Macam Sleep Training, Sesuaikan Sebelum Moms Terapkan Ke Anak


Baby AE - Terjaga di malam hari sudah menjadi rutinitas saat memiliki bayi di dalam rumah, lantaran bangunnya malaikat ini di malam hari. Entah aktif bermain atau mulai menangis semalaman, hal itu membuat Moms harus begadang dan berjuang menidurkannya. Inilah yang sering dikeluhkan orang tua karena istirahat mereka yang kurang, apalagi untuk yang paginya harus bekerja.

Eits, tetapi sekarang ada sleep training yang menjadi solusi agar anak tidur nyenyak di malam hari. Latihan tidur ini merupakan cara untuk membuat si kecil lebih nyenyak dalam tidurnya dan saat terbangun bisa menenangkan diri sendiri serta kembali tidur. Ada beberapa metode sleep training yang perlu Moms ketahui, antara lain:


1.Metode Cry-It-Out

Metode pertama terdengar sedikit jahat, karena Moms perlu membiarkan si kecil berbaring di tempat tidurnya serta menangis sendiri ketika mereka bangun di malam hari, ini lebih baik daripada menggendongnya untuk menenangkan. Hal  ini telah dibuktikan dalam penelitian, bahwa seiring waktu bayi akan terbiasa dan lebih jarang menangis setelah dibiarkan.

2.Metode ferber

Dalam metode ini, si kecil diajari untuk tidur mandiri dengan pemeriksaan berkala dari orang tua. Moms bisa memeriksanya dalam jangka waktu tertentu dengan masuk, melihat si kecil, dan menenangkannya saat menangis. Seiring waktu perpanjang jangka waktu pemeriksaan secara bertahap untuk mengurangi intensitas tangisan dan memberi kesempatan anak agar belajar self-settle.

3.Metode chair

Seperti namanya, metode ini menggunakann kursi, di mana Moms perlu duduk di sebelah ranjang anak. Akan tetapi, jauhkan kursi dari ranjang anak setiap malam ketiga, sampai keluar dari kamar.


4.Bedtime fading

Menidurkan bayi secara progresif lebih awal maupun lambat setiap malamnya hingga bayi mencapai waktu tidur yang diinginkan. Dengan begitu, si kecil akan jarang terbangun di malam hari dan telah tidur nyenyak, lakukan perlahan metode ini sampai nantinya si kecil tidak lagi terjaga saat malam.

5.Pick up, put down

Metode terakhir ini dengan mengatur rutinitas waktu tidur anak. Di mana Moms perlu menidurkan si kecil saat mengantuk, apabila si kecil menangis tunggulah beberapa menit untuk membiarkannya menenangkan diri dan tertidur kembali. Jika si kecil tidak bisa melakukan itu, Moms bisa masuk untuk menemani dan menenangkannya.

Nah, itulah lima metode menidurkan bayi yang bisa Moms terapkan, akan tetapi cara ini perlu waktu lama, kesabaran, dan konsistensi sampai si kecil terbiasa dengan kegiatan tidur malamnya. Selain itu, perlu dipastikan si kecil sudah kenyang, popok bersih, dan siap untuk tidur sebelum menidurkannya.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "5 Macam Sleep Training, Sesuaikan Sebelum Moms Terapkan Ke Anak"

Posting Komentar