5 Cara Mengatasi Pilek pada Anak Secara Alami


Baby AE - Di musim pancaroba di mana hujan dan kemarau datang bergantian secara tak terduga berpengaruh pada kesehatan. Cuaca di sekitar membuat kesehatan tubuh menurun apalagi untuk yang memiliki sistem imunitas lemah, akan sangat mudah sakit. Salah satunya si kecil yang rentan di cuaca dingin, kebanyakan dari mereka akan mengalami pilek.
 
Pilek menjadi masalah yang menyebalkan bagi si kecil, apalagi saat akan tidur. Di mana hidung akan terasa tersumbat, saluran pernapasan terganggu, sakit tenggorokan, dna lainnya. Hal ini pun menjadi kekhawatiran bagi Moms, terlebih di saat si kecil rewel karena masalah tersebut. Maka dari itu, penting untuk mengobati pilek si kecil dengan cara alami yang mudah dilakukan, sebagai berikut:


1.Memberi ASI yang cukup

Air susu ibu atau ASI merupakan antibodi yang membuat tubuh si kecil kebal dari berbagai jenis kuman, termasuk virus influenza. Selain itu, ASI juga membantu menjaga si kecil untuk tetap terhidrasi. Jadi, dengan ASI yang cukup bisa mengobati pilek pada bayi dengan baik. Moms dianjurkan nmemberikan ASI pada bayi yang usianya di bawah 6 bulan.

2.Memandikan si kecil dengan air hangat

Cara lain untuk mengatasi pilek si kecil adalah dengan memandikannya menggunakan air hangat yang suhunya 37-38 derajat celsius, anget-anget kuku kalau kata orang Jawa. Sobat bisa membasahi kepala sampai tubuh si kecil selama 10-15 menit. Nantinya air dari air hangat akan melewati rongga hidung serta paru-paru si kecil. Di mana uap tersebut akan mengencerkan lendir pada rongga pernapasan anak.

3.Menghirup zat aromatik

Perlu diketahui aroma terapi seperti essential oil serta humidifier bisa meringankan hidung tersumbat dan menciptakan aroma alami. Moms bisa memberikan aroma tersebut pada bayi untuk mengurangi gejala pileknya. Hal ini akan membantu mengeluarkan lendir yang membuat hidung tersumbat.


4.Mengatur posisi tidur bayi agar nyaman

Hidung tersumbat dan tenggorokan tidak enak membuat tidur terasa tidak nyaman, bahkan kesulitan tertidur. Tak heran apabila anak akan rewel yang bisa membuat orang tuanya ikut begadang. Moms bisa mencegah hal itu dengan meletakkann bantal tambahan di bawah kepala si kecil. Selain itu, juga bisa mengangkat kepala anak sedikit lebi tinggi dari dadanya.

Demikianlah empat cara mengatasi pilek pada si kecil salah satunya dengan membuatnya tetap merasa hangat. Hal pertama yang tidak boleh dilupakan tentunya memakaikan pakaian dan mengoleskan minyak kayu putih padanya. Cara mengatasi pilek anak versi Moms bagaimana, nih?

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "5 Cara Mengatasi Pilek pada Anak Secara Alami"

Posting Komentar