Tips Meningkatkan Konsentrasi Anak agar Lebih Mudah dalam Belajar


Baby AE -  Kesulitan dalam belajar sudah menjadi keluh kesah yang sering disampaikan anak maupun guru, tak menutup kemungkinan juga orang tua akan menghadapi anak yang tidak berkonsentrasi dalam belajar. Hal ini sering kali memancing emosi karena perlu menjelaskan pelajaran berkali-kali pada anak dan kadang anak pun masih belum memahaminya juga.

Tak bisa dipungkiri apabila hal itu juga membuat Moms khawatir, tetapi perlu diketahui apabila konsentrasi anak menjadi hal penting dalam memahami pelajaran. Konsentrasi sendiri hampir sama dengan otot yang perlu dilatih secara teratur agar semakin kuat. Maka dari itu, Moms perlu meningkatkan konsentrasi anak dengan kegiatan yang melatih fokus dan perhatian secara berkelanjutan. Berikut beberapa tips untuk meningkatkan konsentrasi anak dalam belajar:


1.Memberikan instruksi yang sederhana dan jelas

Umumnya, kita sebagai orang dewasa akan lebih banyak berbicara dan menjelaskan sesuatu secara mendetail, kemungkinan juga bertele-tele. Sedangkan anak akan menerima dengan baik instruksi yang sederhana dan jelas. Misalnya saat meminta anak membereskan mainannya, hal itu bisa menjadi tugas yang berat dan menakutkan untuknya. Jadi, Moms bisa mencoba membagi tugas tersebut dengan memberinya instruksi sesuai urutan langkah membersihkan mainan dan satu per satu.

2.Melakukan satu kegiatan di satu waktu

Kebanyakan orang tua meminta anak melakukan berbagai kegiatan secara langsung, dengan kata lain mengatakan kegiatan yang perlu dilakukan anak sekaligus dalam satu waktu. Hal tersebut bisa membuat anak bingung dan merasa berat. Jadi, Moms perlu menyiasatinya dengan memberikan beberapa tugas yang membuat mereka senang. Kemudian, bantu mereka memutuskan kegiatan rutin sehari-hari yang sederhana. Moms bisa mengatur ruang bermain mereka dan membatasi keterlibatan anak dengan kegiatan ekstra agar mereka bisa berkonsentrasi.

3.Melatih anak menjadi bukan hanya melakukan

Moms perlu membuat rencana waktu bermain yang tidak terstruktur, biarkan anak bermain sendiri. Tidak perlu membatasiatau menyela anak ketika mereka melakukan suatu kegiatan. 


4.Membatasi waktu bermain ponsel

Ini menjadi hal yang paling paling penting, Moms perlu memastikan anak agar tidak terpaku di depan ponsel seharian karena ini bisa memengaruhi kemampuannya dalma berkonsentrasi. Mengurangi waktu mereka bermain ponsel perlu dilakukann secara perlahan dengan mendorong anak melakukan kegiatan lain. 

5.Mengetahui gaya belajar anak

Apabila anak belajar di rumah, Moms perlu memberi mereka kesempatan belajar dengan gaya yang sesuai untuk mereka. Gaya belajar juga berpengaruh besar pada pemahaman anak pada apa yang Moms sampaikan.Terdapat empat gaya belajar, antara lain auditori melalui pendengaran, visual dengan melihat, taktil dngan memanipulasi konten, serta kinestetik dengan gerak.

Itulah tips meningkatkan konsentrasi anak yang perlu Moms lakukan agar mereka lebih mudah memahami dalam belajar. Hal ini juga akan berpengaruh pada proses pembelajaran dan prestasinya di sekolah nanti. Nah, kalau Moms gimana cara meningkatkan konsentrasi anak dalam belajar, nih?  

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tips Meningkatkan Konsentrasi Anak agar Lebih Mudah dalam Belajar"

Posting Komentar