Bayi Lahir Prematur, Ini 5 Cara Merawatnya



Baby AE -Bayi prematur merupakan bayi yang lahir sebelum tenggat waktu kelahirannya, biasanya bai lahir kurang dari 37 atau 34 minggu usia kehamilan. Di usia itu pastinya terlalu dini atau prematur berbahaya bagi bayi. Biasanya bayi akan mengalami berbagai masalah kesehatan, lebih berbahayanya apabila tidak ditangani dengan baik bisa menghilangkan nyawa. Moms sendiri pasti pernah mendengar tentang bayi prematur, kan?

Dikutip dari cnnindonesia.com, Muhammad Vinci Ghazali sebagai dokter spesialis anak di Rumah Sakit Brawijaya  menyatakan, bahwa rata-rata bayi prematur di Indonesia memang bisa hidup panjang. Akan tetapi, diperlukan perawatan sejak lahir yang perlu segera dilakukan. Terlebih bayi prematur membutuhkan NICU atau neonatal intensive care unit. NICU sendiri merupakan tempat khusus yang digunakan untuk merawat bayi yang lahir dengan masalah kesehatan, mulai dari prematur bahkan mengalami cacat bawaan.

Dengan adanya NICU, bayi yang membutuhkan perawatan intensif akan mendapatkan berbagai sarana dan prasarana pendukung pengobatan yang disediakan. Hal ini bertujuan agar si kecil bisa tumbuh sehat dan mencegah hal yang lebih buruk terjadi. Tak hanya NICU, peran orang tua yang memiliki bayi prematur pun diperlukan. Di mana orang tua juga perlu berhati-hati dalam menangani si kecil. Nah, ada 5 cara merawatnya, nih!


1. Menjaga kondisi kesehatan anak

Dalam hal ini, berarti Moms prlu menjaga si kecil dari penyakit menular. Sebaiknya Moms mengurangi frekuensi anak berinteraksi dengan orang yang mempunyai penyakit menular atau sedang sakit. Sebab, bayi prematur sistem imunitasnya rendah, sehingga rentan terinfeksi penyakit.

2. Mengawasi berat badan anak

Biasanya bayi yang lahir prematur, berat badannya harus stabil. Usahakann jangan terlalu kecil maupun berat karena bisa berbahaya untuk keadaannya. Moms bisa memantau asupan makanan dan gizinya untuk si kecil. Pastikan makanan yang diberikan bergizi dan sesuai dengan pola makan sehat.

3. Mengurangi frekuensi ASI

Bagi bayi yang lahir prematur, pastinya membutuhkan ASI dalam jumlah banyak karena tubuhnya kecil. Eits, Moms salah karena untuk bayi prematur perlu mengatur pemberian ASI. Walaupun ASI memang penting untuk mendukung tumbuh kembang bayi, akan tetapi itu juga mempengaruhi kenaikan berat badan anak, jadi Moms perlu mengaturnya.

4. Mengatur suhu ruangan

Untuk bayi prematur usahakan suhu ruangan tidak terlalu panas atau dingin, hindari menyalakan kipas angin saat di dekat si kecil. Untuk penggunaan AC pun sebaiknya tidak terlalu dingin, apalagi udara yang dikeluarkan mesin AC tidak sepenuhnya baik untuk anak.


5. Longgarkan bedongan

 Membedong bayi sering dilakukan oleh bayi yang lahir normal, akan tetapi untuk bayi prematur sebaiknya tidak perlu. Terlebih jika kain yang digunakan sangat ketat, hal ini bisa membuatnya terlalu panas atau ruang geraknya terganggu.

Nah, itulah lima hal yang perlu dilakukan dalam merawat bayi prematur. Bayi dengan tubuh kecil dan rentan ini memang sedikit membuat Moms gigit bibir saat akan merawatnya karena ragu dan takut kalau membahayakan. Akan tetapi, tidak ada yang perlu dikhawatirkan karena Moms bisa memperlakukannya seperti bayi normal, hanya saja diperlukan perhatian intensif untuk itu.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Bayi Lahir Prematur, Ini 5 Cara Merawatnya"

Posting Komentar