Bumil Perlu Tahu, Ini 5 Penyebab Janin Tidak Berkembang


Baby AE - Dalam beberapa kasus kehamilan, ada  masalah yang sering disebutkan dokter agar diwaspadai, yaitu janin tidak berkembang. Masalah tersebut baru bisa diketahui saat melakukan pemeriksaan USG rutin di masa kehamilan atau ketika pemeriksaan fundus. Pemeriksaan fundus adalah mengukur jarak rentang kemaluan ke bagian atas rahim guna melihat pertumbuhan janin.

Dalam hal ini, ada beberapa hal yang menyebabkan janin tidak berkembang. Mulai dari masalah genetik, penyakit yang menyerang bumil, kekurangan nutrisi, dan beberapa penyebab lainnya, antara lain:

1.Kelainan kromosom pada bayi

Hal ini bisa terjadi di fase pembelahan sel saat pembuahan, sehingga menyebabkan gangguan pertumbuhan pada janin. Sulit untuk mengetahui hal tersebut, apabila tidak melakukan pemeriksaan rutin ke dokter.


2.Masalah plasenta atau rahim ibu

Plasenta adalah jaringan yang membawa nutrisi serta oksigen dari janin dalam kandungan. Biasanya gangguan pada plasenta dan rahim dapat mengganggu perkembangan janin. Keadaan ini dikarenakan ibu hamil mempunyai kebiasaan buruk seperti merokok, mengonsumsi narkoba dan alkohol secara berlebihan dulunya.

3.Infeksi yang dialami ibu hamil

Ada beberapa infeksi pada ibu hamil yang menyebabkan janin tidak berkembang, yaitu sifilis, rubella, toksoplasma, cyptomegalovirus yang juga memengaruhi kehamilan. Saat ibu hamil terinfeksi bakteri, virus, dan penyakit tentu akan memengaruhi kesehatan dan bisa membahayakan janin di dalam kandungan. Maka dari itu, penting bagi bumil untuk mengonsumsi makanan sehat dan menjaga kesehatan.

4.Efek samping obat tertentu

Jenis obat seperti obat anti-kejang biasanya menyebabkan efek samping pada gangguan kehamilan. Ada beberapa jenis obat yang perlu ibu hamil waspadai, ada baiknya memeriksa efek samping obat yang biasanya tertera di kemasan atau bumil bisa mengonsumsi obat yang dianjurkan dokter saja.


5.Masalah kesehatan tertentu

Beberapa masalah kesehatan yang dialami ibu hail seperti anemia, hipertensi, penyakit jantung, diabetes, penyakit ginjal, penyakit lupus, atau pembekuan darah bisa menyebabkan janin tidak berkembang. Maka dari itu, ibu hamil perlu waspada dengan beberapa masalah kesehatan yang dialami dna menjaga kesehatan selama kehamilan.

Itulah lima penyebab janin tidak berkembang yang perlu ibu hamil ketahui untuk mencegah terjadinya hal yang tidak diinginkan. Tentunya, ibu juga ingin anak tumbuh dengan sehat dan baik, jadi persiapkan kehamilan dengan saksama. Ada baiknya menerapkan pola makan sehat, tidak mengonsumsi narkoba atau alkohol, tidak merokok, dan lainnya. Sudah sampai mana nih persiapan ibu hamil selama kehamilan?

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Bumil Perlu Tahu, Ini 5 Penyebab Janin Tidak Berkembang"

Posting Komentar