Tips Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh Anak agar Tidak Mudah Sakit


Baby AE - Di musim yang tak menentu seperti sekarang, di mana kadang hujan dan kadang tiba-tiba panas membuat sistem kekebalan tubuh menurun serta tidak bisa menyesuaikan diri. Tak heran jika banyak orang yang jatuh sakit, apalagi si kecil yang tubuhnya masih rentan. Maka dari itu, penting untuk mencegah sistem kekebalan tubuh, tak hanya bagi kita, tetapi juga si kecil, Moms. Ada beberapa tips meningkatkan sistem kekebalan tubuh anak agar tidak mudah sakit yang bisa Moms terapkan, nih!

Melihat anak yang sehat, ceria, dan cerdas tentu Moms akan bahagia mendukungnya aktif bermain dan melakukan kegiatan sehari-hari. Namun, di cuaca sekarang yang kurang mendukung akan menimbulkan rasa cemas karena anak rentan dan daya tahannya akan turun. Maka dari itu, Moms perlu meningkatkan sistem kekebalan tubuh anak dengan beberapa cara ini, sebagai berikut:

1.Mencukupi kebutuhan nutrisi si kecil

Mencukupi kebutuhan nutrisi anak dengan menerapkan pola makan sehat sudah menjadi tanggung jawab Moms setiap harinya. Sebab, hal ini bisa mendukung tubuhnya agar tetap sehat dan bugar. Dengan mengonsumsi makanan seimbang yang mengandung karbohidrat, vitamin, zat besi, serat, protein, serta beragam nutrisi lainnya bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh anak. Selain itu, Moms bisa memberinya banyak sayur dan buah, juga ikan atau daging yang benar-benar matang untuk anak.


2.Beristirahat yang cukup

Membiasakan si kecil untuk beristirahat secara teratur dan cukup juga perlu Moms lakukan. Hal ini agar si kecil bisa beristirahat cukup di siang dan malam hari. Dengan tidak membiarkannya melakukan kegiatan yang padat, Moms sudah membantunya meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Hal ini perlu dilakukan agar tubuhnya tidak lelah, lemah, serta lesu. Sebab, jika terlalu lemah akan menurunkan daya tahan tubuh, bahkan bakteri serta virus bisa menyerang dengan mudah.

3.Menghindari polusi

Mengingat di sekeliling banyak sekali pencemarna udara yang juga menjadi penyebab buruknya udara, Moms perlu waspada dengan yang satu ini. Ada baiknya menjauhkan anak dari berbagai macam polusi, termasuk asap kendaraan, asap rokok, dan lainnya. Sebab, apabila anak sering terkena polusi daya tubuhnya akan semakin menurun, bahkan polusi menyebabkan berbagai masalah kesehatan pada anak.

4.Menjaga kebersihan lingkungan dan diri sendiri

Hal yang paling penting dalam menjaga kesehatan adalah menjaga kebersihan lingkungan serta diri. Mulaidari peralatan makan, makanan, tempat tidur, serta lingkungan rumah perlu diperhatikan kebersihannya karena ini penting untuk kesehatan tubuh si kecil. Ada baiknya jika rumah mempunyai ventilasi udara yang baik, selain itu ajak anak untuk berjemur sesekali, mencari udara segar di pagi hari, serta berolahraga.


5.Memberi bayi ASI Ekslusif

Apabila si kecil masih berumur di bawah 6 bulan, Moms harus menyusui dan memberinya ASI ekslusif Hal ini membantunya membentuk sistem kekebalan yang lebih baik seiring bertambahnya usianya. Moms perlu memastikan apabila kebutuhan cairannya tercukupi setiap hari.

Nah, demikianlah lima tips meningkatkan sistemm kekebalan tubuh anak agar tidak mudah sakit di cuaca tak menentu ini. Apalagi setelah kabar sirup demam yang menyebabkan gagal ginjal kemarin membuat Moms perlu berhati-hati saat ingin membeli sirup untuk anak. Maka dari itu, lebih baik mencegah daripada mengobati. Mana nih tips yang sudah Moms terapkan di musim hujan ini?

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tips Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh Anak agar Tidak Mudah Sakit"

Posting Komentar