Gelisah dengan Ruam Merah di Pantat Bayi? Ini Tips Mengatasi Ruam Popoknya


Baby AE - Moms pasti sering menjumpai ruam merah di pantat si kecil saat menganti popoknya. Biasanya saat ada ruam si kecil pun akan rewel dan menggaruk area yang gatal. Hal itu merupakan peradangan pada kulit bayi yang terdapat di area tertutup popok, umumnya disebut ruam popok. Ruam ini sendiri disebabkan oleh kulit yang terus menerus tersentuh dengan urin maupun tinja. 

Mayoritas bayi yang menggunakan popok pernah mengalami ruam, umumnya ini tidak berbahaya. Namun, akan menimbulkan rasa tidak nyaman untuk si kecil sehingga bayi akan rewel. Dalam hal ini, ada beberapa cara untuk mencegahnya. Salah satunya menjaga kulit bayi agar tetap bersih serta kering yang menjadi cara efektif untuk mencegah ruam popok. Berikut beberapa cara yang bisa Moms lakukan untuk menyembuhkannya:

1.Menjaga kulit bayi agar bersih serta kering

Salah satu cara efektif untuk mengatasi ruam popok si keci, yaitu dengan memastikan kulit di sekitar selangkangannya tetap bersih serta kering. Saat memakaikan popok untuk bayi, upayakan agar tidak terlalu ketat. Moms pun perlu membiarkan si kecil tanpa popok sesekali, agar kulitnya tetap kering serta bisa bernapas lega walaupun tertutup oleh popok. 


Selain itu, biasakan mengeringkan kulit bayi dengan menggunakan handuk atau kain, tetapi secara lembut. Moms perlu menghindari penggunaan tisu pembersih, apalagi yang mengandung alkohol ketika mengusap area kulit bayi yang mengalami ruam.

2.Mengganti popok bayi secara rutin

Moms perlu memerhatikan pemakaian popok bayi, jangan sampai membiarkannya menggunakan popok yang sama dalam jangka waktu lama, terlebih popok dalam keadaan kotor. Dengan membiarkan si kecil menggunakan popok dalam waktu lama serta kotor akan membuat ruam semakin parah. Maka dari itu, Moms perlu mengganti popok si kecil secara rutin, saat popok sudah kotor ada baiknya segera diganti agar iritasi tidak semakin parah.

Apabila Moms menggunakan popok kain, perlu memastikan untuk membilasnya 2-3 kali ketika mencuci guna membuatnya terbebas dari sabun yang menyebabkan iritasi. Sementara untuk popok sekali pakai, Moms perlu memilih jenis popok yang mempunyai daya serap tinggi.

3.Memastikan ukuran popok sesuai saat digunakan

Memilih popok untuk anak sering menjadi kebingungan tersendiri untuk Moms karena banyak hal yang perlu diperhatikan. Selain kesesuaian anak pada produk popok tertentu yang tidak membuat kulit sensitifnya alergi, Moms juga perlu memerhatikan ukuran popoknya.

Ada baiknya Moms menghindari popok yang terlalu ketat karena bisa membuat ruamnya semakin parah. Disarankan untuk memilih popok yang sedikit longgar agar si kecil lebih nyaman dalam menggunakannya. Terlebih seiring bertambahnya usia serta perkembangan bayi, Moms perlu membeli popok yang sesuai dengan ukuran tubuhnya.


4.Menggunakan krim bayi

Krim bayi bisa membantu untuk melindungi area kulit bayi yang mengalami ruam serta berpotensi menyembuhkannya. Selain itu, krim bayi juga bermanfaat menjaga kelembapan kulit bayi dan menjaganya dari iritasi. Kini, banyak produk krim bayi yang bisa Moms pilih.

Itulah 4 tips mengatasi ruam popok pada bayi yang bisa Moms terapkan saat si kecil mulai rewel dan merasakan gatal di bagian pantatnya. Seringkali Moms melewatkan hal tersebut dan baru menyadarinya saat mengganti popok si kecil, maka dari penting untuk selalu menjaga kebersihan dan membuat kulit si kecil kering. Moms pernah melihat ruam popok si kecil?

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to " Gelisah dengan Ruam Merah di Pantat Bayi? Ini Tips Mengatasi Ruam Popoknya"

Posting Komentar