Cara Menidurkan Anak Agar Nyenyak Semalaman



Baby AE - Tidur menjadi permasalahan yang rumit saat berhubungan dengan anak karena sulitnya mereka untuk tidur sesuai jam tidur yang semestinya.  Hal ini bisa disebabkan banyak hal, tetapi apapun penyebab sulitnya si kecil tidur, parenting yang baik bisa meningkatkan kualitas tidurnya. Maka dari itu, Moms perlu melakukan beberapa cara untuk menidurkan anak agar nyenyak semalaman.

Tidur sendiri merupakan kebutuhan anak yang bertujuan untuk meningkatkan perkembangan mereka serta melindungi kesehatan mereka. Anak yang cukup tidur dan memiliki kualitas tidur yang bagus akan mampu belajar dengan baik, mempunyai memori serta perhatian yang lebih baik, bahkan menunjukkan perilaku yang baik, serta kesehatan fisik juga mental yang lebih baik. Umumnya, kebutuhan tidur anak tergantung usianya, perlu diketahui kalau bayi berusia 0-12 bulan membutuhkan tidur sekitar 12-15 jam sehari.


Untuk anak usia 2-3 tahun tidur selama 11 sampai 12 jam semalamm dengan satu atau dua kali tidur di siang hari. Sedangkan untuk anak berusia 3-4 tahun berbeda-beda, kurang lebih 8-14 jam.  Jadi, untuk memenuhi kebutuhan tidur anak dibutuhkan tidur siang hari. Selain itu, untuk tidur malam yang biasanya berkurang karena sulitnya anak tidur di jam tersebut, ada beberapa tips yang bisa Moms terapkan, antara lain:

1.Membangun rutinitas

Untuk membiasakan anak tidur sesuai jam yang telah Moms atur, tentu perlu membangun kebiasaan mulai dari menennagkan anak agar tidur nyenyak. Mulai dari memakai piama, menyikat gigi, membacakan buku, mematikan lampu, hingga memeluknya. Terkadang anak memang belum memahami saatnya tidur, jadi Moms perlu menciptakan suasana yang tenang agar anak mengetahui kalau sudah saatnya ia tidur.

2.Meluangkan waktu

Sebelum tidur, Moms perlu meluangkan waktu untuk si kecil misalnya membacakan buku, bertanya tentang hari ini, dan lainnya. Kegiatan kecil tersebut akan membuat anak merasa tenang, nyaman, dan  merasa dicintai. Terkadang Moms memang perlu membahas tentang hari mereka dan bertanya apa yang mereka inginkan, perasaannya, dan lain-lain. Hal ini juga berguna untuk mempererat hubungan orang tua dan anak.


3.Membuat suasana kamar jadi santai

Kamar yang digunakan sebagai tempat tidur dan beristirahat tentu kondisinya harus bersih, tenang, dan nyaman. Moms perlu memastikan tidak ada mainan di sana agar tidak ada gangguan. Tata sedemikian rupa agar kamar tidur terkesan tenang dan santai di saat waktu tidur karena hal ini membantu anak mendapatkan tidur yang nyenyak.

4.Mengenakan pakaian nyaman

Pakaian yang nyaman juga akan memengaruhi kualitas tidur si kecil, apabila pakaian tidak nyaman tentu akan membuat anak bangun di malam hari dan mengganggu mereka. Terlebih saat pakaian terlalu tebal, tujuannya untuk menghangatkan seakan anak kedinginan, tetapi itu bisa saja membuat anak merasa gelisah dan panas juga.

Demikianlah tips menidurkan anak agar nyenyak sepanjang malam sehingga kualitas tidurnya meningkat. Hal itu juga akan berpengaruh pada kegiatan anak di siang hari, sudahkah Moms meluangkan waktu untuk membuat waktu tidur anak berkualitas?

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Menidurkan Anak Agar Nyenyak Semalaman"

Posting Komentar