Waspada 5 Obat Ini Berbahaya untuk Si Kecil, Penyebab Gagal Ginjal


Baby AE - Kabar tentang kasus gagal ginjal dari seorang anak setelah mengonsumsi paracetamol menghebohkan dunia obat. Lantaran terdapat kandungan senyawa etilen glikol dan dietilen glikol dalam sirup paracetamol. Hal ini membuat Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) yang turun tangan untuk memeriksa kembali obat yang sekiranya mengandung obat tersebut.

BPOM melakukan pengujian kepada obat yang diduga tercemar etilen glikol maupun dietilen glikol. Pengujian tersebut berkaitan dengann ramainya kasus gagal ginjal akut yang dialami oleh anak. 
Ada 39 bets dari 26 sirup obat yang diuji dengan acuan pengujian dari Farmakope Indonesia dan atau acuan lain sesuai Undang-Undang Nomor 36 Tahun 2009 yang berhubungan dengan kesehatan sebagai standar baku nasional yang menjamin mutu obat.

Dalam hal ini, terdapat5 obat yang diakui mengandung etilen glikol dan dietilen gliko melebihi batas aman atau Tolerable Daily Intake dengan besar 0,5 mg/kg berat badan per hari. Berikut lima obat sirop yang ditarik dari pasar oleh BPOM karena berbahaya untuk kesehatan:


1. Obat demam termorex sirup yang diproduksi oleh PT Konimex dengan kemasan dus dan botol plastik berisi 60 ml. Nomor izin edar DBL7813003537A1.

2. Obat batuk dan flu Flurin DMP Sirup dari PT Yarindo Farmatama dengan kemasan dus dan botol plastik 60 ml. Dikutip dari cnnindonesia.com nomor izin edarnya DTL7226303037A1.

3. Obat batuk dan flu Unibebi Cough Sirup dari Universal Pharmaceutical Industries dengan nomor izin edarnya DTL7226303037A1 untuk kemasan dus, botol plastik dengan isi 60 ml.

4. Obat demam Unibebi Demam Sirup dari Universal Pharmaceutical Industries dengan kemasan dus, botol 60 ml. Nomor izin edar DBL8726301237A1.

5. Obat demam Unibebi Demam Drops yang diproduksi Universal Pharmaceutical Industries dengan kemasan dus, botol berisi 15 ml. Nomor izin edarnya DBL1926303336A1.

Baca juga:  Tips si Kecil Tidak Rewel Saat Minum Obat

Itulah obat yang tercemar etilen glikol dietilen glikol dengan nomor izin edarnya masing-masing. Dalam hal ini, BPOM memerintahkan pihak industri farmasi yang memiliki izin ear untuk menarik kembali siru tersebut dari peredarannya di Indonesia dan dimusnahkan keseluruhan bets produk. Ditariknya produk dengan nomor izin tersebut termasuk ke seluruh outlet seperti Pedagang Besar Farmasi, Apotek, Instalasi Farmasi Pemerintah, Puskesmas, Instalasi Farmasi Rumah Sakit, Toko Obat, Klinik, serta praktik mandiri tenaga kesehatan.

Moms perlu tahu hal ini, karena kasus gangguan ginjal akut progresif atipikal yang sudah diakumulasi di Indonesia mencapai 206 orang per 18 Oktober. Dilansir dari cnnindonesia.com 99 orang di antaranya dinyatakan meninggal. Jadi, ada baiknya Moms menghindari memberikan lima obat di atas kepada anak, akan lebih baik jika melakukan pencegahan secara alami menurut anjuran dokter. Nah, apa nih yang akan Moms lakukan saat anak sakit?

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Waspada 5 Obat Ini Berbahaya untuk Si Kecil, Penyebab Gagal Ginjal"

Posting Komentar