Bayi Sulit Tidur Saat Malam? Ternyata Ini Alasannya!


Baby AE - Anak yang tetap terjaga di malam hari sudah sering dikeluhkan oleh para Moms karena tidak sempat beristirahat. Sayangnya, ini sudah menjadi rutinitas si kecil setiap malam dan sulit untuk dihilangkan. Bahkan, bangunnya si kecil di malam hari dan rewel masih bikin penasaran, ya, kan, Moms? Maka dari itu, kepoin penyebab si kecil sulit tidur saat malam.

Di usianya yang masih kecil belum bisa berbicara atau berkomunikasi, jadi Moms harus sabar untuk mengenali emosi anak. Apalagi saat sulit tidut di malam hari dan cenderung rewel atau mudah menangis. Nah, penting untuk Moms mengetahui apa penyebab bayi sulit tidur saat malam, sebagai berikut:

1. Kurangnya rutinitas

Mayoritas Moms fokus pada jadwal ketat berdasarkan waktu dalam mengurus si kecil, padahal itu bisa berbahaya. Ada baiknya, Moms melakukan rutinitas yang dibutuhkan bayi sehingga lebih fleksibel dan longgar. Sebab, memaksa si kecil menyesuaikan dengan jadwal tidur akan membuat mereka lelah dan menyebabkan pola tidur lebih buruk bagi keluarga. 


Moms sangat disarankan untuk membuat rutinitas berdasarkan kegiatan yang  akan dilakukan secara konsisten. Hal ini bisa membantu tidur si kecil serta mempersiapkannya untuk sukses secara sosial serta akademis dalam jangka panjang. Caranya pun mudah dengan fokus pada waktu bangun pagi, makanan, gerakan, sebelum tidur, serta kegiatan sebelum tidur. 

2. Waktu bangun tidur pagi yang berubah-ubah

Si kecil yang tidur malam bisa dikarenakan waktu bangunnya yang berubah-ubah, maka dari itu penting untuk menentukan waktu bangun pagi yang konsisten, dan mendorong bayi untuk tidur siang. Namun, jangan lupa untuk membuat rutinitas sederhana saat si kecil bangun untuk membuatnya mengerti jika itulah waktu memulai hari mereka. Maka dari itu, penting untuk membangunkan si kecil di waktu yang sudah ditentukan agar nantinya si kecil terbiasa dan terbangun secara alami.

3. Pola makan yang tidak sesuai

Ada baiknya menetapkan pola tentang apa yang akan dilakukan sebelum dan sesudah menyusui, barulah mulai memberikann makan makanan padat. Coba memberikan makanan yang akan sama setiap harinya. Pola makan akan memberikan peluang untuk meningkatkan ikatan serta hubungan dengan si kecil serta mendukung peralihan waktu santai ke waktu tidur siang.


4. Belum bisa tidur sendiri

Penting bagi si kecil untuk belajar cara tidur sendiri, dalam hal ini bayi yang terbiasa digendong ketika tertidur akan kesulitan tidur di tempat tidurnya. Jadi, Moms perlu membantu bayi untuk belajar tertidur dengan meletakkan mereka di tempat tidur saat si kecil mulai mengantuk. Sehingga, ia akan mulai tertidur sendiri dengan lebih cepat ketika terbiasa dengan kegiatan sehari-harinya.

5. Lingkungan tidur yang tidak nyaman

Suara berisik dari luar dan rasa tidak nyaman membuat bayi kesulitan untuk tidur. Maka dari itu, Moms perlu memahami kebutuhan lingkungan yang baik untuk tidur, seperti kondisi yang tenang, gelap, serta sejuk. Ada baiknya, Moms memastikan keadaan di kamar sunyi dan tenang, serta gunakan lampu malam yang redup di kamar.

Demikianlah penyebab bayi sulit tidur di malam hari dan cara mengatasinya. Moms bisa mencoba untuk menerapkannya mulai sekarang agar tidak galau lagi saat harus terjaga di malam hari karena si kecil. Gimana nih cerita Moms saat si kecil rewel di malam hari?

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Bayi Sulit Tidur Saat Malam? Ternyata Ini Alasannya!"

Posting Komentar