Rekomendasi Alat KB yang Bagus untuk Ibu Menyusui


Baby AE - Soal KB Moms pasti sudah memahaminya terlebih yang sudah melewati masa kehamilan. Tentunya, Moms mencari KB yang bagus setelah menyusui, tetapi tidak membuatnya gemuk. Banyak ibu menyusui yang mengeluh tentang berat badan meningkat ketika menggunakan KB tertentu. 

Tak heran, kalau banyak Moms yang malas menggunakan KB karena tidak ingin semakin gendut. Sehingga memilih alat KB aman serta gemuk menjadi keinginan semua ibu menyusui. Moms pun tidak perlu cemas untuk menemukan pilihan alat KB karena setiap orang mempunyai kecocokan masing-masing.


Alat KB yang sering menyebabkan kegemukan karena hal ini berkaitan dengan penggunaan kontrasepsi hormonal. Tak jarang menggunakan kontrasepsi hormonal membuat berat badan meningkat. Namun, menurut sains belum ditemukan pengaruh kuat di antara keduanya. Menurut penelitian pada pil KB, membuktikan peningkatan berat badan tidak cukup luas dan berkualitas rendah.

Biasanya KB bisa meningkatkan berat badan pada beberapa ibu menyusui karena kadar estrogen yang lebih tinggi. Perlu diketahui, kalau dalam beberapa hal hormonal bisa membuat orang merasa lebih lapar, tak jarang mereka makan lebih banyak hingga membuat berat badan bertambah. Eits, tapi ada beberepa rekomendasi alat KB yang bagus untuk ibu menyusui, sebagai berikut :

1. KB Hormonal

KB hormonal menggunakan hormon sintetis yang berguna untuk mencegah atau menunda ovulasi. KB hormonal bisa berupa pil, suntikan, serta cincin vagina. Namun, perlu diingat jika KB dibutuhkan secara teratur terlebih pil yang setiap hari diminum.


2. KB non hormonal

KB non hormonal serta jangka panjang, Moms bisa memilh IUD atau alat kontrasepsi dalam rahim. Umumnya alat KB dimasukkan oleh dokter serta bisa bertahan sampai satu dekade dalam beberapa kasus. Bentuk IUD lainnya ada yang mengandung hormon dan sebagiannya tidak mengandung hormon seperti IUD tembaga.

Nah, itulah alat KB yang bisa Moms gunakan saat menyusui untuk menghindari kegemukan yang tidak diinginkan. Walau pada dasarnya tidak ada kaitan antara alat KB dengan faktor kegemukan. Hanya saja saat hormon esterogen tinggi Moms akan merasa lapar sehingga keinginan untuk makan lebih banyak membuat berat badan meningkat. Sudahkah Moms memutuskan untuk melakukan KB? 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Rekomendasi Alat KB yang Bagus untuk Ibu Menyusui"

Posting Komentar