Ibu Hamil di Trimester Pertama Perlu Mengonsumsi 5 Makanan Ini!


Baby AE - Trimester pertama merupakan fase penting untuk tumbuh kembang si kecil di dalam kandungan. Bahkan, ada fase di mana janin mengalami pembentukan organ-organ. Tidak heran jika di tahap ini Moms perlu memerhatikan makanan selama masa awal hamil. Tentunya, Moms perlu mengonsumsi makanan yang mengandung gizi dan nutrisi tinggi seperti protein, lemak sehat, vitamin, mineral, karbohidrat, dan serat.

Oleh karena itu, Moms harus menerapkan pola hidup sehat seperti mengonsumsi makanan dengan gizi seimbang dan nutrisi tinggi untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan si kecil. Sehingga sel-sel janin yang berkembang menjadi organ tubuh tidak mengalami kerusakan atau kecacatan yang berbahaya untuknya. Untuk mencukupi nutrisi di trimester pertama Moms perlu mengonsumsi makanan ini!


1. Buah-buahan

Seperti yang telah diketahui, buah mempunyai kandungan vitamin, serat, dan mineral yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Ya, buah bisa menjaga kesehatan pencernaan dan mencegah konstipasi. Buah yang disarankan untuk dikonsumsi Bunda antara lain, jeruk, mangga, pepaya, melon, stroberi, alpukat, kiwi, dan pisang.

Ada baiknya, Moms mengonsumsi buah 5 porsi dengan jenis yang berbeda per harinya. Dalam hal ini, Moms bisa mengonsumsi buah segar dan jus buah. Eits, tapi jangan lupa untuk mencucinya agar tetap bersih dan higienis sebelum dimakan, Moms juga bisa mengolahnya terlebih dulu. Sebaiknya juga mengurangi gula atau pemanis pada buah karena bisa meningkatkan kadar gula darah dan merusak gigi.

2. Susu dan produk olahannya

Susu yang mengandung kalsium dan protein sangat disarankan untuk Moms yang hamil. Sebab, susu dan produk olahannya seperti yoghurt sera keju diperlukan untuk pertumbuhan janin serta kesehatan tulang Moms. Susu sendiri juga mengandung vitamin B, zinc, fosfor, magnesium, dan probiotik yang penting untuk kesehatan pencernaan.

Sama halnya seperti buah, ada baiknya menghindari susu atau produk olahannya yang tinggi lemak dan gula, serta yang tidak dipasteurisasi. Sebab, susu dan produk olahannya yang seperti itu berisiko mengandung bakteri berbahaya untuk Moms maupun janin.


3. Ikan, telur, dan daging

Ikan, telur, serta daging menjadi makanan yang bagus untuk Moms di trimester pertama. Pertama, ikan adalah sumber protein dan asam lemak omega-3 yang baik untuk perkembangan otak dan sistem saraf si kecil dalam perut. Ikan yang bisa Moms konsumsi antara lain ikan lele, ikan mas, mujair, tuna, dan ikan lainnya yang tidak mengandung banyak merkuri.

Kedua, telur dan berbagai daging adalah sumber protein dengan kualitas tinggi yang mengandung vitamin B dan zat besi. Tentunya, nutrisi ini sangat dibutuhkan oleh Moms yang hamil karena bisa mencegah anemia, menurunkan risiko bayi lahir prematur. Eits, tetapi Moms perlu memastikan daging dan telur yang dikonsumsi diolah dengan baik dan benar-benar matang.

4. Sayuran hijau

Bayam, brokoli, sawi, kubis merupakan deretan sayuran hijau yang perlu dikonsumsii Moms saat hamil di trimester pertama. Sebab, sayunan ini memiliki kandungan nutrisi yang dibutuhkan Moms mulai dari vitamin C, vitamin K, kalsium, kalium, folat, serat, zat besi, serta antioksidan. Apalagi kadar seratnya yang tinggi bisa mencegah sembelit. Sayuran hijau pun dianggap bisa menurunkan risiko bayi lahir prematur.

5. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan seperti kedelai, kacang panjang, kacang tanah, kacang polong, dan lentil sangat disarankan untuk Moms konsumsi. Sebab, kacang-kacangan ini mengandung folat yang tinggi, di mana ini bermanfaat untuk mencegah janin mengalami cacat tabung saraf serta lahir prematur.

Moms pasti tidak asing lagi dengan lima makanan bergizi dan memiliki nutrisi tinggi ini karena sudah menjadi makanan sehat yang harus dikonsumsi setiap harinya. Terlebih makanan ini termasuk ke dalam makanan 4 sehat lima sempurna. Nah, nunggu apalagi buat memulai pola hidup sehat dengan mengonsumsi makanan sehat, nih?

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Ibu Hamil di Trimester Pertama Perlu Mengonsumsi 5 Makanan Ini!"

Posting Komentar