Cara Membaca Hasil USG Kehamilan


Baby AE - Buat Moms yang sedang hamil, pasti pernah memeriksa kandungan dengan tes USG atau ultrasonografi. Momen memeriksakan kandungan menjadi saat yang paling ditunggu oleh Moms dan pasangan karena pertama kali melihat sosok bayi kesayangan yang sedang tumbuh dalam rahim. Eits, tetapi apakah Moms memahami cara membaca hasil USG tersebut? 

Hemm,  buat Moms yang masih bingung cara membaca hasil USG dengan baik, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam membaca hasil USG yang tepat. Umumnya, ada istilah yang tertera dalam monitor saat Moms melakukan tes USG. Berikut istilah tersebut dan penjelasannya:

1. Gestational Age (GA)

Istilah GA yang ada dalam foto USG adalah Gestational Age yang menunjukkan perkiraan umur kehamilan yang diukur berdasarkan panjang tungai kaki, diameter kepala, tungkai lengan, hingga perkembangan organ tubuh janin.


2. Crown Rump Length (CRL)

Istilah ini adalah keterangan yang menunjukkan ukuran jarak dari ujung kepala sampai ujung kaki janin. Umumnya, CRP digunakan dokter untuk mengukur janin di usia kehamilan trimester awal.

3. Gestational Sac (GS)

Gestational Sac adalah ukuran kantung kehamilan yang ditandai dengan bulatan hitam. Umumnya, Gestational Sac muncul pada hasil foto USG trimester awal.

4. Biparietal Diameter (BPD)

Biparietal Diameter menunjukkan ukuran tulang pelipis kanan dan kiri. Umumnya, juga bisa digunakan untuk mengukur janin saat memasuki trimester dua atau tiga.

5. Abdominal Circumferential (AC)

Abdominal Circumferential merupakan perkiraan ukuran lingkar perut janin. Jika dipadukan dengan BPD, maka hasilnya berupa perkiraan berat janin dalam kandungan.

6. Head Circumferential (HC)

Head Circumferential merupakan keterangan berkaitan dengan ukuran lingkaran kepala janin yang ada dalam kandungan.

7. Femur Length (FL)

Femur Length merupakan keterangan tentang ukuran panjang tulang paha janin saat di USG.


8. Fetal Weight (FW)

Fetal Weight adalah keterangan terkait berat janin dalam kandungan saat di USG.

9. Fetal Heart Rate (FHR)

Fetal Heart Rate menunjukkan frekuensi detak jantung janin.

10. Last Menstrual Period (LMP)

Last Menstrual Period merupakan hitungan hari pertama haid terakhir yang umumnya digunakan sebagai acuan umur janin dalam kandungan.

11. Estimated Delivery Date

Estimated Delivery Date merupakan keterangan terkait perkiraan persalinan berdasarkan tanggal menstruasi. Istilah ini lebih dikenal denga istilah Hari Perkiraan Lahir (HPL).

Demikianlah istilah yang terdapat di tes Ultrasonografi yang bermanfaat untuk ibu hamil. Apabila Moms sudah mengetahuinya, tentu akan mudah untuk membaca hasil tes kehamilan, terlebih bisa mengerti kondisi anak dalam janin. Sudahkah Moms menghapal 11 istilah tersebut?

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Membaca Hasil USG Kehamilan"

Posting Komentar