5 Tips Parenting Agar Anak Patuh dan Hormat


Baby AE - Parenting atau pola asuh anak menjadi hal yang penting karena berpengaruh pada kepribadian anak saat dewasa nantinya. Perihal mengasuh anak pun tidak mudah karena hampir setiap hal yang ia lihat akan terserap dengan cepat, jadi sebagai orang tua harus selalu memberikan contoh yang terbaik. Nah, membesarkan anak yang hormat dan patuh pun menjadi impian semua orang tua. 

Pembentukan karakter ini harus dimulai sejak dini, terlebih lingkungan anak sangat berpengaruh nantinya. Dalam tahap perkembangannya si kecil akan menangkap dan menyerap apa yang terjadi di sekitar, bahkan beberapa hal akan berkesan hingga ia besar nantinya serta menjadi kepribadian yang sulit diubah. Oleh karena itu, ada beberapa hal yang perlu orang tua perhatikan untuk menerapkan parenting agar anak hormat dan patuh, antara lain:


1. Berbicara dengan nada lembut

Sering kali kita menjumpai orang yang masih membentak anaknya saat bermain atau tidak patuh dengan perintah. Tak jarang pula ada yang main tangan seperti memukul, mencubit, hingga menariknya secara kasar. Memang ini membuat anak hormat dan menurut, tetapi perlakuan seperti itu akan memberikan dampak negatif kepada anak. 

Cara merawat anak saat mereka tidak mendengarkan atau melakukan hal yang tidak baik tetaplah tenang. Lalu, berikan instruksi yang jelas saat anak agar melakukan sesuatu sesuai yang orang tua harapkan. Saat mereka salah berikan contoh seperti yang Moms inginkan dengan penuh kasih sayang.

2. Memberikan instruksi dan contoh pada anak

Sebagai orang tua tentu memiliki peran penting dalam membentuk kepribadian anak. Jika Moms ingin anak yang patuh serta hormat, pastinya perlu menerapkan nilai yang Moms yakini sejak dini. Sebuah studi oleh ToddlerABC.com menyatakan, anak paling mudah dipengaruhi saat mereka kecil dan saat itu mereka menyerap teknik serta perilaku orang tua. 


Akan lebih efektif jika orang tua menjadi teladan untuk mereka dalam membesarkan anak yang patuh dan hormat. Saat Moms melarang sesuatu, pastikan Moms juga tidak ada pengecualian. Kalaupun ada pengecualian, jelaskan alasannya dengan baik.

3. Menjelaskan alasan untuk larangan atau perintah orang tua berikan

Penting untuk memberikan penjelasan tentang apa yang tidak boleh dilakukan dan harus dilakukan agar anak mengerti dan bisa melakukannya dengan baik. Hal ini bertujuan untuk memberikan instruksi tentang sesuatu, sehingga anak akan mematuhi saat tahu alasan di balik perintah maupun larangan yang orang tua berikan.

4. Mengajarkan nilai kewajiban menghormati orang tua

Moms pun pasti tahu jika menghormati orang yang lebih tua merupakan kewajiban, maka dari itu jelaskan kepada anak. Tak hanya harus patuh kepada ayah dan ibunya, tetapi juga kepada orang yang lebih tua darinya. 


Dalam hal ini tanamkan pada mereka untuk menghargai orang lain, sebagai bentuk sikap anak saat berhadapan dengan orang yang lebih tua sesuai dengan etika dann norma. Setelah anak mengerti nilai jika ia perlu menghormati orang tuanya, maka ia pun akan menerapkan sikap hormat kepada orang tuanya dalam kehidupan sehari-hari bahkan sampai dewasa.

Nah, itulah 4 tips parenting agar anak hormat dan patuh kepada orang tua. Tentunya, hal ini dimulai dari orang tua yang perlu memberikan contoh yang baik. Sebab, dalam perkembangannya anak akan menyerap informasi dengan cepat serta akan tertanam. Sudahkah Moms menerapkan pola parenting yang baik untuk anak?

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "5 Tips Parenting Agar Anak Patuh dan Hormat"

Posting Komentar