5 Ide Kado untuk Anak 1 Tahun yang Mengedukasi dan Bermanfaat



Baby AE - Buat Moms yang mempunyai anak dan akan berumur satu tahun, perlu mempersiapkan kado untuk si kecil. Di umurnya yang menginjak satu tahun, di mana mereka mulai berkembang pastinya harus memilih mainan yang memiliki nilai edukasi, bermanfaat, dan mendukung perkembangannya. 

Memilihkan kado untuk anak satu tahun yang akan berulang tahun memang susah-susah gampang. Apalagi di usia tersebut, minat si kecil sering berubah-ubah. Bahkan, kemasan kado pun perlu menjadi pertimbangkan karena harus menarik di mata si kecil. Eits, tapi Moms tenang karena ada 5 ide kado untuk si kecil yang bisa dijadikan inspirasi, nih!


1. Buku bantal dan boardbook

Buku merupakan hadiah yang maan dan sesuai untuk laki-laki maupun perempuan serta tetap cocok untuk usia berapa saja. Boardbook pun bisa menjadi kado untuk anak satu tahun yang bermanfaat. Buku bantal bermanfaat untuk menambah kosakata bayi, membuat anak belajar fokus dan lebih tenang, serta menanamkan cinta membaca pada anak. Mainan yang terbuat dari kain dan dakron ini pun aman untuk bayi. Sementara boardbook terbuat dari bahan keras, tetapi tahan lama.

2. Mainan yang bisa disusun

Di usianya yang menginjak satu tahun, anak suka memindahkan barang, memasukkan, mengeluarkan, menumpuk, serta menjatuhkan tumpukan itu lagi. Mainan seperti ini bisa dijadikan ide kado yang tepat untuk si kecil. Mainan yang bisa disusun itu seperti kubus bergambar, puzze, balok kayu, lego, dan lainnya. Namun, Moms perlu memastikan jika mainan tersebut aman dan tidak runcing maupun tajam. Selain itu, pilihlah mainan yang berukuran lebih besar agar tidak berisiko ditelah oleh si kecil.


3. Boneka hewan

Boneka hewan bisa dihadiahkan untuk siapa pun, terlebih mainan ini lembut dan bisa dijadikan teman tidur. Boneka pun mempunyai banyak ukuran yang bisa dijadikan alat untuk bermain peran. Eits, tetapi dalam memilih boneka hewan sebagai hadiah, Moms perlu memerhatikan si kecil mempunyai alergi terhadap bulu atau tidak. Jika si kecil memiliki alergi tersebut, Moms bisa memilih boneka hewan yang terbuat dari kain bebas bulu dan lateks yang lebih aman. Pastikan pula komponen boneka terpasang dengan baik, sehingga tidak mudah dicopot oleh anak.

4. Mainan yang berwarna cerah

Anak akan mulai belajar membedakan dan mengenal warna di usia satu tahun, sehingga mainan warna cerah bisa menstimulasi kemampuan untuk mengenal warna. Moms bisa memilihkan mainan cincin yang berwarna-warni atau jembatan pelangi yang bisa disusun. Namun, pastikan kado untuk si kecil mengandung non-toxic yang aman untuknya.


5. Kuda-kudaan

Mainan yang bisa dinaiki ini sangat bermanfaat untuk melatih motorik kasar anak, keseimbangan, dan melatih kekuatan posturnya. Moms bisa memilih kuda-kudaan yang bahan dasarnya kayu, rotan, maupun campuran plastik dan karet. Tak hanya kuda-kudaan, ada mainan lain yang bermanfaat untuk melatih motorik anak seperti ayunan, sepeda roda tiga, dan mobil-mobilan yang bisa dinaiki dan dikayuh.

Nah, itulah ide kado untuk anak berusia satu tahun yang bisa Moms pertimbangkan dalam memberikan hadiah saat ulang tahun anak. Namun, tetap pastikan terbuat dari bahan yang aman untuk anak. Hindari elemen mainan runcing, tajam, mudah terlepas, dan terlalu kecil untuk anak. Tentunya, Moms juga perlu memastikan mainan tersebut berstandar SNI. Apa nih yang akan Moms berikan untuk anak saat berusia satu tahun?

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "5 Ide Kado untuk Anak 1 Tahun yang Mengedukasi dan Bermanfaat"

Posting Komentar