5 Tips Asyik Mengajari Si Kecil Naik Sepeda


Baby AE - Belajar naik sepeda menjadi pengalaman yang seru untuk anak, terlebih saat mereka belajar keseimbangan dengan mengendarai sepeda yang biasanya menggunakan tiga roda. Namun, untuk mengajari anak bersepeda seringkali ada keraguan dan ketakutan di hati orang tua karena anak akan terjatuh atau anak tidak menunjukkan kemajuan. Oleh karena itu, bunda dan ayah yang ingin mengajari si kecil bersepeda perlu tahu beberapa cara asyik mengajari anak naik sepeda, nih!

1. Mencari sepeda yang cocok untuk si kecil

Banyak jenis ukuran sepeda untuk si kecil, tetapi pilihlah ukuraan yang tepat untuk usia serta tinggi badan anak. Sehingga akan mempermudah dalam mengajari anak, tak lupa pula pilihlah helm maupun alat pelindung lutut yang berguna menjaga keamanan si kecil. 


2. Mencari lokasi belajar sepeda yang aman dan nyaman

Dalam memilih tempat belajar, pilihlah lokasi belajar yang datar dan mulus untuk melatih keseimbangan daripada jalan yang curam, ramai, dan genangan. Sehingga keselamatan anak lebih terjamin dan mereka merasa nyaman. Tempat seperti halaman rumah atau trotoar taman bisa menjadi pilihan untuk belajar bersepeda dengan aman dan nyaman.

3. Menjadikan belajar naik sepeda sebagai momen yang menyenangkan

Belajar sepeda menjadi salah satu fase mempererat ikatan orang tua dengan anak. Oleh karena itu, jangan terburu-buru mendorong anak agar cepat menguasai sepeda, tetapi jadikan kegiatan ini sebagai tempat bermain serta belajar bersama orang tua. Selain itu, jangan panik saat anak jatuh, tetapi semangati si kecil agar bisa mengayuh sepedanya dan tidak lupa memberikan pujian saat anak berhasil.

4. Merawat sepeda bersama si kecil

Tak hanya melatih si kecil bersepeda, tetapi juga mengajari si kecil untuk merawat barang yang ia punya. Moms bisa mengajaknya mencuci hingga memasukkannya ke garasi.


5. Melakukan secara rutin

Untuk beberapa orang tua yang bekerja seharian penuh pasti sulit untuk mencari waktu khusus guna mengajari anak belajar naik sepeda. Oleh karena itu, lakukan kegiatan ini di waktu libur atau senggang sehingga si kecil pun merasa bahagia karena diperhatikan. Walaupun kebersamaan tersebut tidak lama, tetapi akan mempererat hubungan si kecil dengan orang tua.

Itulah 5 tips untuk membuat mengajari si kecil belajar naik sepeda agar menjadi momen asyik dan seru. Dengan mengajari anak bersepeda pun membuat orang tua lebih sabar menghadapi anak. Bahkan, kegiatan ini akan mempererat hubungan orang tua dan anak. Eits, tapi jangan lupa untuk tetap memantau si kecil saat bersepeda meski mereka sudah menguasainya. Nah, apa nih momen berkesan saat mengajari si kecil bersepeda?

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "5 Tips Asyik Mengajari Si Kecil Naik Sepeda"

Posting Komentar