5 Manfaat Menyusui di Malam Hari


Baby AE - Menyusui di malam hari tentunya menjadi hal berat untuk beberapa Moms, terlebih untuk Moms yang baru menyusui akan terasa sulit untuk tisur nyenyak di malam hari. Hal ini karena tangisan bayi yang membuatnya terbangun dan harus menyusui. Oleh karena itu, Moms harus mempersiapkan fisik dan psikis yang kuat dalam melawan kantuk dan lelah untuk menyusui si kecil.

Seringkali si kecil akan meminta ASI di malam hari karena merasa lapar, hal ini disebabkan asupan kalorinya dalam 24 jam tidak terpenuhi. Walau malam hari, Moms harus tetap kuat terjaha untuk memenuhi kebutuhan kalori si kecil. Selain itu, di balik sulitnya menyusui di malam hari ada beberapa manfaat yang perlu Moms tahu, nih. Berikut manfaat menyusui di malam hari:

1. Si kecil mendapatkan ASI yang berlimpah

Saat malam hari sampai pagi serta mencapai puncaknya, yaitu sekitar pukul 2-4 dini hari, kadar prolaktin akan meningkat. Hal ini berarti jika Moms menyusui di saat itu, si kecil akan senang karena ia menyusu saat produksi ASI mencapai puncaknya, dengan kata lain si kecil bisa mendapatkan ASI yang melimpah dan cepat kenyang.


2. Untuk mempertahankan produksi ASI

Sistem kerja produksi ASI adalah semakin sering ASI dikeluarkan dan payudara dikosongkan dengan baik, maka produksi ASI akan tetap terjaga.

3. Membantu perkembangan irama sirkadian bayi

Bayi yang baru lahir belum bisa membedakan pagi, siang, atau malam. Dengan kata lain, belum mempunyai irama sirkadian. Selain itu, bayi baru lahir juga belum bisa memproduksi hormon pemicu tidur atau hormon melatonin. Namun, dalam ASI yang diproduksi Moms ketika malam hari terkandung banyak hormon melatonin yang bisa membantu bayi mengembangkan irama sirkadiannya sendiri.

4. Memenuhi kebutuhan menyusu bayi

Seperti yang sudah diketahui untuk memenuhi kebutuhan kalori bayi selama 24 jam dibutuhkan ASI yang cukup. Terlebih bayi sangat aktif saat pagi sampai sore, atau bayi tidak menyusu langsung mulai pagi sampai sore sehingga ia membutuhkan ASI di malam hari. Maka dari itu, biarkan si kecil menyusu sesuai keinginannya agar kebutuhan kalori hariannya tetap terpenuhi.


5. Membantu perkembangan fungsi otak bayi

ASI yang diproduksi di malam hari mengandung banyak triptofan atau asam amino yang memicu tidur, Asam amino menjadi hormon penting untuk perkembangan fungsi otak bayi.

Itulah 5 manfaat yang bisa diperoleh dari menyusui si kecil di malam hari. Selain itu, menyusui di malam hari bisa memicu hormon sintesis serotonin yang membantu otak guna bekerja lebih baik, menjaga suasana hati tetap bagus, serta menolong membentik tidur dan bangun yang baik pula. Bagaimana nih suka duka Moms menyusui si kecil di malam hari?

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "5 Manfaat Menyusui di Malam Hari"

Posting Komentar