Tahapan Pertumbuhan Gigi Bayi Berdasarkan Usianya


Baby AE - Hai Moms, ada fakta baru tentang gigi bayi, lho, ya sebenarnya gigi bayi sudah tumbuh sejak dalam kandungan. Hanya saja belum muncul giginya. Sehingga, Moms membutuhan kalsium saat sedang hamil untuk mendukung pertumbuhan gigi dan tulang bayi dalam kandungan. Tentunya, dalam gigi terkandung banayak unsur kalsium bahkan hampir keseluruhan.

Nah, saat si kecil memasuki usia beberapa bulan setelah lahir, giginya akan muncul. Eits, tapi sebelum mengetahui tahap pertumbuhan gigi bayi, Moms perlu tahu jenis-jenis gigi berikut :




  1. Gigi seri merupakan gigi depan rahang atas dan bawah yang muncul dalam waktu yang sama. Gigi seri berfungsi untuk menggigit makanan.
  2. Kemudian gigi taring yang ujungnya lancip dan mengapit gigi seri di rahang atas dan bawah. Gigi taring berguna untuk memotong makanan.
  3. Gigi geraham depan berfungsi untuk menghancurkan makanan.
  4. Terakhir, gigi geraham belakang yang menghancurkan makanan dan mempunyai ukuran yang lebih besar daripada gigi geraham depan.
Usia tumbuhnya gigi pada si kecil tentunya berbeda-beda, Moms. Ada yang giginya muncul di usia dini dan ada bayi yang mengalami pertumbuhan gigi lebih lambat. Namun, pada umumnya pertumbuhan gigi bayi berlangsung di usia yang sama. Yuk, simak pertumbuhan gigi bayi :




Di usia 5 bulan

Banyak bayi pertumbuhan giginya mulai di usia ini, tetapi ada beberapa bayi yang tumbuh gigi di usia lebih dini, yaitu 4 bulan. Namun, ada juga yang pertumbuhannya lebih lambat, yaitu di usia 6 atau 7 bulan. Di saat gigi si kecil muncul, gusinya akan membengkak dan kemerahan.

Di usia 6 bulan

Di usia ini, gigi pertama si kecil muncul dimulai dengan dua gigi seri depan dan rahang bawah sebagai gigi pertama. Keduanya bisa muncul secara bersamaan. Selain itu, setelah bayi menyusu Moms sudah bisa membersihkan gigi bayi dengan menyekanya dengan kain bersih.

Saat Usia 7 bulan

Kemudian, dua gigi seri depan di rahang atas muncul, pertumbuhan gigi ini biasanya dialami si kecil sekitar usia 6-8 bulan. Oleh karena itu, di usia ini Moms sudah memberikan makanan padat untuk si kecil.

Sekitar umur 9-16 tahun

Gigi di samping gigi seri depan bagian atas akan muncul, lalu gigi di sebelah gigi seri bawah ikut muncul. Gigi ini biasanya muncu secara berpasang-pasangan atas dan bawah, dua di samping kanan dan dua di samping kiri.




Selanjutnya, pertumbuhan gigi saat bayi sudah menginjak usia anak-anak, berikut tahap pertumbuhannya :

Usia 16-22 bulan

Menginjak usia 18 bulan, gigi taring maupun gigi taring bawah akan muncul. Pertumbuhan gigi taring mungkin bervariasi antar anak, ada yang mulai dari usia 16 bulan hingga 22 bulan.

Di usia 24 bulan

Gigi geraham kedua di bagian belakang di rahang bawah mulai muncul di usia ini. Lalu, disusul gigi geraham kedua di rahang atas yang muncul di usia 26 bulan. Untuk setiap anak pertumbuhannya bervariasi ada yang lebih lambat atau lebih singkat, antara usia 20-33 bulan.

Sekitar 2-3 tahun

Di usia ini anak akan memiliki gigi lengkap, yaitu 20. Masing-masing 10 gigi di rahang atas dan rahang bawah. Gigi tersebut dikenal sebagai gigi susu atau gigi bayi. Susunan gigi susu lengkap ini akan bertahan hingga anak berusia 6-7 tahun.

Usia 4 tahun

Rahang dan tulang wajah anak akan mulai tumbuh dan memberi ruang antara gigi susu. Ruang tersebut memberi kesempatan gigi dewasa atau gigi tetap tumbuh lebih besar nantinya. Di usia 6-7 tahun biasanya gigi anak akan diganti oleh gigi tetap, di usia 6-12 tahun anak akan memiliki gigi susu dan gigi tetap di mulutnya.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tahapan Pertumbuhan Gigi Bayi Berdasarkan Usianya"

Posting Komentar