Rutinitas Pagi yang Perlu Bunda Lakukan agar Lancar Melahirkan


Baby AE - Hai Moms, tentunya saat mendekati persalinan ada ketakutan, kebahagiaan, khawatir, dan cemas yang bercampur aduk. Ketakutan menghadapi persalinan pasti ada dan itu wajar, tetapi Moms tidak perlu panik dalam hal ini. Kepanikan justru mempersulit proses persalinan, alangkah baiknya Moms memikirkan cara untuk membantu melancarkan persalinan si kecil nantinya.

Nah, ada beberapa kebiasaan di pagi hari yang bisa Moms lakukan untuk membantu melancarkan persalinan. Rutinitas pagi tak hanya membawa dampak baik bagi kesehatan, tetapi juga kepada kondisi janin Moms bahkan mempengaruhi kelancaran kehamilan. Di saat masih semangat-semangatnya melakukan kegiatan, Moms bisa melakukan beberapa kebiasaan ini di pagi hari :

Baca juga : Bunda Perlu Tahu, Fakta Baby Bump Ini!

1. Latihan pernapasan

Melatih pernapasan sebelum mendekati hari perkiraan lahir bisa menjadi solusi buat Moms, nih. Sebab, ketika persalinan, Moms perlu mengatur pernapasan sebaik mungkin apalagi jika melakukan persalinan secara normal. Untuk berlatih pernapasan, Moms bisa meluangkan waktu saat bangun tidur dengan menghirup napas, lalu mengaturnya dengan baik dan secara perlahan. Berlatih pernapasan bisa membuat janin yang dikandung pun merasa lebih tenang dan tubuh Moms terlatih agar tidak mengalami panik.

2. Memenuhi kebutuhan air putih

Pastinya untuk kesehatan tubuh, semua orang disarankan untuk memenuhi kebutuhan air putih. Akan lebih baik untuk mengonsumsi air putih di pagi hari untuk memenuhi cairan tubuh yang hilang ketika tidur. Disarankan untuk meminum delapan gelas air putih setiap harinya. Tak hanya melancarkan sistem kekebalan tubuh, mengonsumsi air putih juga baik untuk kondisi kantong ketuban Moms, lho!

3. Jalan pagi selama 30 menit

Jalan-jalan di pagi hari membawa banyak manfaat untuk kesehatan tubuh, terlebih pada ibu hamil. Rutinitas ini bermanfaat untuk memperkuat otot panggil yang bisa merangsang kontraksi dan janin cepat lahir, sehingga proses persalinan pun akan lebih lancar.

Baca juga : Bunda Wajib Tahu, Manfaat Susu Kedelai Saat Hamil!

4. Lakukan relaksasi singkat

Tak hanya melatih pernapasan, Moms juga bisa melakukannya melalui metode relaksasi guna menenangkan diri. Moms bisa mengambil posisi nyaman dan menghirup aromaterapi di dalam kamar. Moms juga bisa memutar lagu yang menenangkan untuk membuat suasana lebih rileks. Nah, saat tubuh Moms merasa rileks dan nyaman, persalinan akan lebih mudah.

5. Melakukan olahraga pagi

Melakukan olahraga pagi seperti gerakan yoga, yaitu duduk bersila ke dalam sambil menghirup napas bisa menjadi latihan melahirkan yang bisa dilakukan di rumah. Selain itu, Moms bisa melakukan gerakan dengan berjongkok atau duduk di atas bola bersalin, ini bermanfaat membuka saluran dan jalan lahir panggul untuk proses persalinan. Tak hanya dua gerakan itu, Moms juga perlu konsultasi ke dokter tentang gerakan mudah lainnya sebagai latihan menjelang melahirkan yang bisa dilakukan di rumah.

6. Mengonsumsi sarapan bergizi dan seimbang

Sarapan yang menjadi energi untuk melakukan kegiatan di siang hari, sehingga kita perlu mengonsumsi makanan bergizi seimbang. Nutrisi yang dibutuhkan antara lain, vitamin C untuk menjaga daya tahan tubuh, serta protein tinggi untuk menambah energi harian. Vitamin C memberi kekuatan pada tubuh Moms dan protein tinggi bisa memberikan energi untuk mempermudah proses persalinan menjelang hari perkiraan lahir.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Rutinitas Pagi yang Perlu Bunda Lakukan agar Lancar Melahirkan"

Posting Komentar