5 Tips Mengatasi Nyeri Saat hamil


Baby AE - Hai Moms, ketika hamil Moms pasti sering merasa nyeri di bagian perut. Hal ini karena rahim membesar, otot ligamen meregang, dan organ di dekat perut tertekan oleh janin yang tumbuh. Nyeri saat hamil ini ada yang ringan dan hilang dengan sendirinya, tetapi ada juga nyeri saat hamil yang perlu Moms perhatikan. Yuk, kepoin apa saja penyebab nyeri saat hamil!

Rahim terus tumbuh dan membesar sehingga menekan organ di sekitarnya seperti usus, hal ini menyebabkan rasa mual dan perut kembung. Selain itu, ligamen ikut meregang saat hamil sehingga perut bagian bawah merasa tidak nyaman. Nyeri saat hamil juga bisa disebabkan kehamilan ektopik atau kehamilan yang berkembang di luar rahim sehingga menyebabkan rasa sakit di perut dan pendarahan antara minggu ke 6 hingga 10 kehamilan. 


Masih banyak lagi penyebab nyeri yang dirasakan di perut Moms saat hamil. Nah, berikut disajikan berikut bisa Moms lakukan :

1. Mengonsumsi banyak serat

Mengonsumsi banyak serat menjadi cara mengatasi nyeri saat hamil secara alami, oleh karena itu dianjurkan menjaga pola makan yang sehat. Hal ini juga berpengaruh ke feses yang lembut dan buang air besar secara teratur. Moms bisa mengonsumsi makanan seperti buah segar, roti gandum, sayuran, sereal, dan buah kering. 

2. Sering mengonsumsi makanan ringan dan minum air

Jika penyebab nyeri saat hamil adalah karena gas harus ditangani dengan perubahan gaya hidup. Nah, Sobat perlu mencoba makan beberapa camilan dan minumm banyak air. Olahraga bisa membantu pencernaan, sehingga perlu menghindari makanan yang memicu gas seperti makanan berminyak, kacang-kacangan, dan kubis.


3. Mandi air hangat

Mandi air hangat bisa membantu meredakan nyeri saat hamil dari otot perut dan ligamen yang meregang. Olahraga yang teratur akan mengencangkan serta memperkuat otot perut Moms. Namun, perlu diperhatikan jika beberapa hal harus dihindari sambil berbaring telentang selama beberapa menit, sebab ini bisa menurunkan aliran darah ke bayi yang berkembang.

4. Melakukan peregangan

Berlatih bangun perlahan setelah duduk atau berbaring bisa mengurangi atau menghilangkan nyeri ligamen bundar. Jika saat bersin atau batuk terasa sakit, Moms bisa menekuk pinggul untuk mengurangi tekanan pada ligamen. Moms bisa berlatih peregangan setiap harinya untuk mengurangi nyeri ligamen bundar saat hamil.


5. Konsultasi ke Dokter

Apabila nyeri saat hamil disebabkan oleh masalah yang berbahanya, ada baiknya Moms konsultasi ke Dokter. Pastinya Dokter akan memberi saran dan merawat Moms sampai merasa lebih baik. Oleh karena itu, jika sudah mengalami nyeri perut saat hamil dengan gejala seperti rasa sakit saat buang air kecil, merasa mual dan muntah, suhu meningkat lebih dari 37,5 derajat celcius, serta sakit kepala hebat bisa langsung konsultasi ke Dokter.

Nah, itulah hal yang bisa dilakukan saat Moms mengalami nyeri saat hamil. Apa Moms pernah mengalami nyeri saat hamil?

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "5 Tips Mengatasi Nyeri Saat hamil"

Posting Komentar