Anak Berani Public Speaking Sejak Dini, Latih dengan Cara Ini!


Baby AE - Public speaking merupakan kemampuan berbicara di depan umum. Dalam kehidupan sehari-hari kemampuan ini sangat penting, terlebih public speaking menjadi daya tarik seseorang untuk menunjukkan kualitas dirinya. Keterampilan ini memengaruhi orang lain untuk menjalin relasi secara luas. Nah, Moms, kemampuan berbicara perlu di pupuk sejak kecil walau anak-anak memiliki kemampuan berbahasa yang masih terbatas, tetapi harus berani untuk berkomunikasi.

Sering kali anak merasa gugup saat harus melakukan sesuatu sendiri tanpa bantuan orang tuanya. Banyak pula anak yang takut salah sehingga tidak berani berbicara maupun mengutarakan pikirannya. Ketakutan berbicara akan membuat anak kesulitan hingga besar nanti, bahkan menjadi pribadi introvert yang tertutup. Akan sulit untuknya menghadapi masalah ini saat sudah berhadapan dengan orang lain terlebih di sekolah bahkan saat di dunia kerja nantinya.

Pasti Moms bahagia kalau lihat si kecil ceria dalam menceritakan banyak hal, banyak bertanya, bahkan aktif berkomunikasi dengan temannya. Terlebih mereka akan mendapatkan banyak teman dan menjadi sosok yang lebih percaya diri. Oleh karena itu, Moms perlu membiasakan dan melatih si kecil agar berani berbicara di depan umum, berikut caranya :


1. Melatih anak berbicara

Hal pertama yang perlu Moms lakukan adalah melatih anak berbicara, salah satu teknik yang efektif adalah mengajari mereka berbicara di depan cermin. Berbicara di depan cermin akan membantu si kecil meningkatkan pelafalan atau gerak mulutnya dan bahasa tubuh. 

2. Mengajak anak bercerita

Cara paling menarik dan asyik untuk anak dalam melatih berbicara adalah mendengarkan mereka bercerita tentang keseharian yang dilakukannya. Anak akan mengutarakan pikiran dan mulai belajar cara menyusun kalimat dengan baik. Moms, juga bisa membacakan cerita dongeng, lalu meminta anak untuk membacanya ulang dengan suara nyaring. Tak lupa juga untuk menyematkan humor untuk membangkitkan suasana. Ya, saat situasi canggung, humor bisa menjadi penyelamat saat public speaking. Oleh karena itu, Moms perlu mengajari anak untuk bercanda guna mengembangkan rasa humor saat melakukan kegiatan sehari-hari.

3. Membawa anak berlatih dengan teman seusianya

Pastinya dalam hal berbicara maupun bercerita anak akan merasa nyaman saat berada di samping teman sebayanya. Tak heran saat bertemu teman, anak akan bercerita banyak hal. Oleh karena itu, Moms perlu mengumpulkan anak dengan teman sebayanya dan mengajak mereka bermain yang berhubungan dengan kemampuan berbicara.


4. Memberikan contoh secara langsung

Cara pengajaran yang paling efektif adalah dengan memberi contoh, misalnya menunjukkan penampilan orang berpidato atau berbicara di depan orang banyak. Selain itu, Moms perlu menunjukkan contoh video public speaking pada si kecil, terlebih video yang masih berhubungan dengan kehidupan anak-anak. Hal itu bisa menarik perhatian dan memotivasi anak untuk belajar public speaking, serta bisa memunculkan keberaniannya untuk berbicara di depan umum.

5. Banyak membaca

Nah, dalam masa perkembangannya tentunya anak mempunyai rasa ingin tahu yang besar. Tak perlu heran, jika mereka bertanya banyak hal pada Moms. Cara terbaik menjawab mereka adalah dengan mengajaknya belajar membaca, terlebih untuk membantu mereka dalam memahami cara merangkai frasa dan kalimat. Selanjutnya, Moms tinggal mendorong anak untuk membaca dengan nyaring, meningkatkan kejelasan berbicara dengan mengajak anak untuk banyak membaca buku.

Demikianlah cara melatih anak berani public speaking sejak dini karena ini sangat penting. Biasanya anak akan merasa takut dan malu saat berbicara di depan umum.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Anak Berani Public Speaking Sejak Dini, Latih dengan Cara Ini!"

Posting Komentar