Beranda · ARTIKEL · PARENTING · TIPS · REVIEW ·

Bunda Perlu Tahu, Fakta Baby Bump Ini!



Baby AE - Hai Moms, pasti tidak asing lagi dengan istilah baby bump yang merupakan sebutan untuk perut yang membesar selama kehamilan. Umumnya baby bump mulai terlihat di awal trimester kedua. Baby bump ini merupakan perubahan bentuk perut yang bisa melihat perkembangan janin. Nah, baby bump ini bisa disebabkan oleh hal normal yang dialami Moms selama hamil. Berikut fakta baby bump yang perlu Moms tahu:

1. Baby bump bisa terlihat di trimester awal

Nah, faktanya baby bump sudah terlihat di semester awal jika Moms pernah hamil dan melahirkan. Selain itu, baby bump juga terjadi di kehamilan kembar karena untuk menampung lebih dari satu bayi, rahum akan membesar. Baby bump akan terlihat cepat di kehamilan selanjurnya karena kehamilan sebelumnya bisa meregangkan otot perut dan otot ini tidak bisa kembali ke bentuk semula. 


2. Bentuk rahim memengaruhi seberapa cepat baby bump terlihat

Selanjutnya, baby bump juga dipengaruhi bentuk rahim. Jika rahim cenderung miring ke belakang, baby bump akan lebih lama terlihatnya. Lain halnya, jika rahim miring ke depan, baby bump akan terlihat lebih cepat di awal kehamilan.

3. Muncul garis hitam di baby bump

Linea nigra atau garis hitam di baby bump merupakan kondisi normal yang dialami Moms selama hamil karenaa perubahan hormon yang menyebabkan sejumlah kelainan kulit di area tubuh. Biasanya berbentuk garis gelap berwarna kecokelatan yang terlihat di usia kehamilan 23 minggu, memiliki lebar 0,5-1cm, serta membentang secara vertikal. 

Diduga penyebab garis hitam ini adalah perubahan hormon atau ketidakseimbangan hormon karena janin yang berkembang. Garis hitam ini merupakan kondisi normal dan perlahan akan hilang setelah beberapa bulan melahirkan.


4. Baby bump tidak hilang setelah melahirkan

Setelah melahirkan baby bump tak langsung hilang meski penurunan berat badan terjadi setelah melahirkan. Baby bump bisa hilang perlahan setelah melahirkan, perut dan rahim Moms akan mulai berkontraksi ke ukuran sebelum hamil dan membutuhkan waktu yang lama. Selain itu, beraat badan Moms bisa kembali jika Moms mulai rutin menyusui.

Selain karena penurunan berat badan, baby bump juga tak segera hilang setelah melahirkaan karena Diastasis recti. Diastasis recti merupakan kondisi saat rahim mengembang dan menyebabkan otot perut terpisah. Hal ini bisa terjadi karena hormon atau tekanan yang diberikan bayi saat tumbuh di dalam perut. Untuk menghindarinya, Moms bisa memberikan tekanan ekstra pada perut selama hamil dan hindari melakukan peregangan perut.

1 Response to "Bunda Perlu Tahu, Fakta Baby Bump Ini!"

  1. Dulu rasanya kaget melihat perubahan perut, tapi diiringi rasa bahagia juga karena kehadiran buah hati. ^^

    BalasHapus